Korban Banjir di Muba dan Muratara Sumsel Mulai Diserang Penyakit

1.823 orang korban banjir terkonfirmasi terkena influenza

Intinya Sih...

  • 1.823 orang korban banjir terkonfirmasi terkena influenza di Sumsel
  • Banjir menyebabkan lingkungan terendam dan tidak sehat, Dinkes Sumsel mendirikan 19-40 posko kesehatan
  • Kepala BPBD Sumsel menyatakan banjir masih melanda wilayah Sumsel, akses jalan tertutup dan dialihkan lewat Pali

Palembang, IDN Times - Banjir yang melanda sebagian wilayah Sumsel mengakibatkan banyak warga terdampak penyakit influenza. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Trisnawarman mengatakan, penyakit influenza ini terjadi di wilayah Musi Banyuasin (Muba) dan Musi Rawas Utara (Muratara).

"Ada sekitar 335 warga di Muratara mengalami Influenza. Sedangkan di Muba ada 1.488 orang terkena influenza," ungkap Trisnawarman, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga: Warga Muba Diteror Buaya Muncul di Area Perkebunan Saat Banjir

1. Distribusi logistik kesehatan diberikan ke empat daerah

Korban Banjir di Muba dan Muratara Sumsel Mulai Diserang Penyakitilustrasi bersin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Trisnawarman mengatakan, banjir menyebabkan lingkungan tempat tinggal warga jadi terendam dan tidak sehat. Pihaknya terus memberikan bantuan untuk mendistribusikan bantuan logistik kesehatan seperti obat-obatan, masker oksigen, dan lain-lain.

"Kita juga mendirikan posko layanan kesehatan seperti saat ini tinggal empat Kabupaten/Kota yang terdampak banjir yaitu Muba, Muratara, Muara Enim, dan Prabumulih," jelas dia.

Baca Juga: Kisah Warga Mura Bertahan dari Banjir Bandang 5 Meter di Pohon Sawit

2. Dirikan posko kesehatan di empat wilayah

Korban Banjir di Muba dan Muratara Sumsel Mulai Diserang Penyakitpexels.com

Trisnawarman mengatakan, total ada 19 posko-posko kesehatan yang disiapkan di Muara Enim, dan Muratara 40 posko kesehatan. Lalu ada Muba 13 posko kesehatan yang disiapkan di Muratara dan delapan posko kesehatan di Prabumulih.

"Untuk di Muratara juga ada mobil klinik kesehatan, jadi masyarakat bisa berobat di mobil klinik kesehatan tersebut," jelas dia.

3. Banjir masih merendam empat wilayah di Sumsel

Korban Banjir di Muba dan Muratara Sumsel Mulai Diserang PenyakitIlustrasi banjir di Sumatra Selatan dan Muara Enim (Dok: Humas Pemprov Sumsel)

Diberitakan sebelumnya, Kepala BPBD Sumsel, Iqbal Alyshabana, mengatakan banjir masih melanda sebagian wilayah Sumsel. Bahkan beberapa akses jalan penghubung antar wilayah tertutup.

"Untuk akses jalan Muba-Lubuk Linggau sampai sekarang masih terputus. Arus lalu lintas dialihkan lewat Pali," tutup dia.

Baca Juga: Warga Muratara Melahirkan di Atas Perahu Saat Banjir

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya