Kendaraan Listrik Dipastikan Aman Melintas di Tol Palembang-Lampung

3 SPBU modular dan SPKLU di 6 Rest Area di Palembang-Lampung

Intinya Sih...

  • PT Hutama Karya siapkan 9 rest area di Tol Lampung-Palembang untuk pemudik lebaran.
  • Ketersediaan SPBU di 9 rest area dipastikan dengan penambahan 3 SPBU modular dan 6 SPKLU.
  • Pihak HK fokus perbaiki jalan tol hingga H-10 hari raya, prediksi lonjakan penggunaan jalan tol sebesar 60 persen.

Palembang, IDN Times - Jelang hari raya dan mudik lebaran, PT Hutama Karya (HK) memastikan memberi pelayanan terbaik kepada para pemudik yang melintas di Jalan Tol ruas Lampung-Palembang. Pihak HK menyiapkan sembilan rest area untuk menghadapi lonjakan pengguna jalan tol.

"Dalam rest area juga disiapkan menyiapkan toilet sebanyak 827 bilik permanen dan semi permanen. Ke-827 bilik toilet itu tersebar di sembilan Rest Area," ungkap Branch Manager Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung PT HK (Persero), Taufiq Hidayat, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Tarif Tol Palindra Naik Jadi Rp27 Ribu, Cek Golongan Lainnya

1. Catat lokasi SPKLU dan SPBU di Tol Sumatra

Kendaraan Listrik Dipastikan Aman Melintas di Tol Palembang-LampungIlustrasi Jalan tol. (dok. Kementerian PUPR)

Taufiq menerangkan, pihaknya memastikan ketersediaan SPBU di sembilan Rest Area tersebut. Menurutnya, kebutuhan SPBU cukup penting agar tak terjadi penumpukan kendaraan yang mengantre dalam mengisi bahan bakar.

"Kita juga menambah tiga SPBU modular di tiga lokasi; Rest Area KM 277A; KM 306B; dan KM 269B. Lalu ada juga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 6 lokasi yakni Rest Area KM 163A, KM 172B, KM 277A, KM 269B, KM 306B, dan KM 311A," jelas dia.

Baca Juga: Jelang Nataru, Hutama Karya Perbaiki Tol Terpeka Hingga Desember

2. Puncak arus mudik diprediksi terjadi 6 April

Kendaraan Listrik Dipastikan Aman Melintas di Tol Palembang-LampungIlustrasi lalu lintas saat musim mudik. Pexels: Jimmy Liao

Sejauh ini pihaknya masih fokus pada perbaikan jalan tol yang ditarget rampung H-10 hari raya. Diperkirakan selama arus mudik lebaran mendatang terjadi peningkatan penggunaan jalan tol sebesar 60 persen dari hari biasa.

"Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 6 April 2024 sebanyak 27.662 kendaraan, dan puncak arus balik terjadi pada 14 April 2024 hingga 27.628 kendaraan yang melintas di ruas Terbanggi Besar-Kayuagung (Terpeka)," jelas dia.

2. Imbauan untuk pengguna jalan tol

Kendaraan Listrik Dipastikan Aman Melintas di Tol Palembang-LampungIlustrasi truk ODOL (ANTARA FOTO/Fauzan)

Pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan ruas tol Terpeka agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Patuhi batas kecepatan mengemudi maksimal 100 km/jam, terutama saat kondisi hujan agar menurunkan laju kecepatan kendaraan karena kondisi jalan yang cenderung basah dan licin dapat menyebabkan ban mobil tidak menapak dengan baik.

"Khusus untuk pengemudi bus dan truk agar selalu mematuhi rambu-rambu, yaitu menggunakan lajur kiri. Apabila kondisi pengemudi mulai terasa lelah segera berhenti di rest area terdekat untuk beristirahat sejenak," jelas dia.

Bagi pengemudi yang mengalami kendala di jalan tol dan membutuhkan bantuan, segera hubungi Call Center 0813-2900-0020.

Baca Juga: Lokasi Tukar Uang di Sungai Musi Berakhir 28 Maret 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya