Kecelakaan Babaranjang di Muara Enim, Dua Perjalanan Kereta Batal

Tidak ada korban jiwa akibat kereta terbalik

Palembang, IDN Times - Kereta Api (KA) Babaranjang mengangkut batubara kecelakaan usai menabrak KA Babaranjang lain yang berhenti. Kondisi tersebut membuat jalur KA mengalami kerusakan di emplasemen stasiun Penanggiran, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, Sabtu (11/12/2021).

"Sempat jalur kereta yang berada di Penanggiran tidak bisa dilalui. Tim berupaya melakukan evakuasi untuk mengoptimalkan lajur KA," ungkap Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti saat dikonfirmasi IDN Times.

1. Tidak ada korban jiwa

Kecelakaan Babaranjang di Muara Enim, Dua Perjalanan Kereta BatalKereta terbalik di Muara Enim (IDN Times/istimewa)

Aida menjelaskan, timnya telah menurunkan tim evakuasi secara cepat. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi. Menurut Aida pihaknya harus melakukan perbaikan sehingga ditargetkan dalam waktu dekat lajur KA akan kembali normal.

"Kami sampaikan juga bahwa tidak ada korban jiwa pada kejadian ini," ujar dia.

2. Dua kereta penumpang tujuan Palembang-Lubuk Linggau terganggu

Kecelakaan Babaranjang di Muara Enim, Dua Perjalanan Kereta BatalStasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Efrizal)

Hingga berita ini diturunkan, proses perbaikan lajur KA menghubungkan akses Muara Enim menuju Lubuk Linggau harus dibatalkan. Pihaknya meminta masyarakat bersabar sambil upaya perbaikan tetap dilakukan.

"KA penumpang Bukti Serelo dan KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) hari ini dibatalkan. Jadi ada dua tujuan yang dibatalkan," ujar dia.

3. Pengembalian tiket dilakukan 100 persen

Kecelakaan Babaranjang di Muara Enim, Dua Perjalanan Kereta BatalStasiun KA Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Terakhir, pihaknya memastikan pihak PT KAI akan mengembalikan uang milik masyarakat yang telah lebih dahulu memesan tiket tanpa potongan biaya atau 100 persen.

"Kami mohon maaf, atas ketidaknyamanan yang terjadi hari ini," tutup dia.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Semen Tabrak Kereta Babaranjang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya