Kapal Pengangkut 38 Ton Beras Terbakar di Perairan Sungai Musi

Semua awak kapal selamat dari kejadian

Palembang, IDN Times - Si jago merah membakar 38 ton beras di dalam kapal kayu Pelita Berkah di perairan Sungai Musi. Kejadian kebakaran tersebut terjadi di kawasan 14 Ulu, Kecamatan SU II Palembang, diduga akibat konsleting mesin kapal.

"Kapal tengah berlayar saat terjadi kerusakan pada mesin. Api mula-mula muncul dibagian ruang mesin dan menyambar dengan cepat," ungkap Kanit Gakkum Satpolairud Polrestabes Palembang, Iptu Cepi Aminuddin, Kamis (13/4/2023).

1. Seluruh awak kapal selamat

Kapal Pengangkut 38 Ton Beras Terbakar di Perairan Sungai MusiKapal pengangkut beras terbakar di perairan sungai Musi Palembang (Dok: istimewa)

Kapal pengangkut beras tersebut rencananya membawa puluhan ton beras dari kota Palembang menuju Desa Karang Sari, Kabupaten Banyuasin. Saat kejadian, para awak kapal yang berada di kapal langsung menyelamatkan diri.

"Beruntung lima awak kapal selamat dari peristiwa tersebut," jelas dia.

2. Tidak ada beras bisa diselamatkan

Kapal Pengangkut 38 Ton Beras Terbakar di Perairan Sungai MusiIlustrasi beras (vecteezy.com/chormail153750)

Tim pemadam berasal dari kapal KT Tanjung Buyut 1206 bersama speed boat Satpolairud Polrestabes Palembang, melakukan pemadaman di lokasi. Tim berusaha mencegah api semakin membesar.

"Beras dan kapal tidak bisa diselamatkan," jelas dia.

3. Saksi mata dengar suara ledakan

Kapal Pengangkut 38 Ton Beras Terbakar di Perairan Sungai MusiIlustrasi Garis Polisi (freepik.com/freepik)

Saksi mata kejadian bernama Yana (62) mengungkapkan, sempat mendengar suara ledakan dari arah TKP. Tak lama berselang, muncul api yang dengan cepat membakar kapal kayu tersebut.

"Warga tidak bisa membantu saat pertama kali api berkorbar. Tidak ada alat pemadam. Jadi nunggu sampai petugas datang," tutup dia.

Baca Juga: Jadi Muncikari Prostitusi Online, Remaja di OKU Timur Ditangkap

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya