Jokowi Kurban Sapi 1,2 Ton Kawin Silang Simental-Pegon di Palembang

Sapi dalam keadaan sehat dan siap dikurbankan

Palembang, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo kembali melakukan tradisi kurban pada Idul Adha 2021. Orang nomor satu di Indonesia itu membeli sapi dari peternak di wilayah Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel), untuk disumbangkan ke Masjid Agung Palembang.

Sapi yang dibeli Jokowi merupakan hasil perwakinan silang antara jenis Simental dengan Pegon. Berat sapi kurban Jokowi ini mencapai bobot 1,2 ton.

"Sapi ini dipilih setelah menimbang jenis, bobot, dan kesehatan. Sapi ini merupakan hasil dari kawin silang dari pembibit di Kawasan Sukomoro, Banyuasin, saat saya beli di usia dua tahun," ungkap penjual sapi bernama Waladun Soleh Joko Gitoyo, Senin (19/7/2021).

1. Gitoyo ikut seleksi sebelum dibeli Jokowi

Jokowi Kurban Sapi 1,2 Ton Kawin Silang Simental-Pegon di PalembangSapi kurban Presiden Jokowi di Palembang (IDN Times/istimewa)

Gitoyo bercerita, sapi yang ia rawat saat ini berusia 4,5 tahun. Sapi tersebut sudah siap untuk dikurbankan. Ia menjelaskan jika sapi kurban Presiden RI kepadanya baru kali pertama. Dirinya mengaku senang melepas sapi tersebut untuk dikurbankan.

"Saya sudah ikut seleksi dari tahun lalu agar bisa menjual sapi ini untuk Presiden. Namun baru tahun ini terpilih," ungkap dia.

Baca Juga: Kemenag Minta Warga Palembang Tak Tonton Pemotongan Hewan Kurban

2. Presiden beli sapi seharga Rp95 Juta

Jokowi Kurban Sapi 1,2 Ton Kawin Silang Simental-Pegon di PalembangSapi kurban Presiden Jokowi di Palembang (IDN Times/istimewa)

Gitoyo memastikan perawatan sapi Presiden tersebut dilakukan sebaik mungkin. Dirinya mengaku tidak memberikan pakan secara sembarangan, tapi memastikan sapi tersebut tumbuh dengan sehat. Pakan yang diberikan mulai dari kulit ubi, nanas, dedek, kopra, kecap manis, dan rumput. 

"Sapi ini saya jual dengan harga Rp95 juta. Saya sangat senang karena baru pertama dibeli Presiden RI," jelas dia. 

3. Sapi yang dibeli Jokowi dipastikan sehat

Jokowi Kurban Sapi 1,2 Ton Kawin Silang Simental-Pegon di PalembangSapi kurban Presiden Jokowi di Palembang (IDN Times/istimewa)

Sapi milik Presiden tersebut mendapat lampu hijau dari Dinas Peternakan Palembang dan Sumsel, serta Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) untuk dikurbankan. Pihaknya akan segera membawa sapi tersebut dan menjaganya hingga hari pemotongan.

"Dari hasil pemeriksaan sapi dalam keadaan sehat dan layak kurban sesuai syarat kurban," tutup dia.

Baca Juga: Harga Hewan Kurban di Palembang Dijual Mulai Rp2,5-Rp35 Juta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya