Jelang Pencoblosan, Ada TPS di Palembang Terendam Banjir

Luapan Sungai Musi dan hujan sebabkan air menggenang di TPS

Intinya Sih...

  • Banjir di Palembang menyebabkan TPS terendam, memaksa pemindahan lokasi pencoblosan ke tempat yang lebih aman.
  • Sebanyak 250 orang DPT di TPS 30 tetap akan memilih meskipun banjir, dengan harapan banjir tidak setinggi hari ini saat pencoblosan.
  • Pihak KPPS TPS 30 akan memindahkan TPS jika kondisi sudah tidak memungkinkan, namun berharap hujan tidak turun saat pemilihan besok.

Palembang, IDN Times - Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Palembang terendam banjir. Banjir diakibatkan oleh hujan dan pasang surut air Sungai Musi hingga menutupi akses jalan menuju TPS.

Salah satu tempat yakni TPS 30 di Kawasan Ilir Barat I, Kelurahan 35 Ilir, Palembang, masuk dalam salah satu TPS terkena banjir. Petugas harus memindahkan lokasi pencoblosan ke wilayah yang lebih aman dari banjir.

"Sudah setengah bulan ini banjir. Memang di sini rawan banjir," ungkap Ketua KPPS TPS 30, Kgs Syamsuddin, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga: KPU Sumsel Petakan 759 TPS Rawan Banjir Saat Hari Pencoblosan

1. Ada 250 DPT yang memilih di TPS 30

Jelang Pencoblosan, Ada TPS di Palembang Terendam BanjirBanjir di Lorong Merdeka Kelurahan 35 Ilir Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Syamsudin menegaskan, sekitar 250 orang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan memilih di TPS 30. Kondisi banjir tidak akan menganggu pemilih untuk datang ke TPS.

"Mudah-mudahan besok saat pencoblosan banjir tidak setinggi hari ini," ungkap dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Pastikan Korban Kebakaran di Palembang Bisa Mencoblos

2. KPPS khawatir hujan saat pemilihan

Jelang Pencoblosan, Ada TPS di Palembang Terendam BanjirBanjir di Lorong Merdeka Kelurahan 35 Ilir Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Syamsudin mengatakan, pihaknya akan memindahkan TPS jika sudah tidak memungkinkan. Sebab keputusan memindahkan TPS sudah dikoordinasikan sebelumnya, sehingga lokasi yang dipilih saat ini dinilai lebih baik.

"Kalau luapan air sungai saya rasa masih bisa diatasi. Yang menjadi kekhawatiran kami saat ini jika hujan turun," jelas dia.

3. KPPS baru lakukan penjemputan logistik

Jelang Pencoblosan, Ada TPS di Palembang Terendam BanjirBanjir di Lorong Merdeka Kelurahan 35 Ilir Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Syamsuddin pun berharap kondisi alam tidak akan memengaruhi pelaksanaan pemilihan. Pihaknya direncanakan menjemput logistik pemilu sekaligus mempersiapkan kondisi TPS menjadi lebih baik.

"Undangan sudah kita sebar beberapa hari lalu. Kita tinggal menyiapkan untuk pemilihan besok," tutup dia.

Baca Juga: KPU Sumsel Geser Logistik ke TPS, Pastikan Tak Ada Penundaan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya