Ini Daftar Riwayat 3 Pasien yang Positif Terjangkit Corona di Sumsel 

Pasien Prabumulih sempat tangani pasien positif yang meninggal

Palembang, IDN Times - Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona (Covid-19), Profesor Yuwono mengatakan, sebaran virus corona di Sumsel saat ini bertambah setelah kemarin terkonfirmasi satu orang, dan Selasa (31/3) ini terkonfirmasi bertambah dua orang baru yang positif. 

"Ketiga pasien sudah di rujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, dan dalam perawatan," ujar Yuwono, saat di konfirmasi IDN Times, Selasa (31/3).

1. Salah satu pasien yang terpapar adalah petugas medis

Ini Daftar Riwayat 3 Pasien yang Positif Terjangkit Corona di Sumsel pexels.com/Gustavo Fring

Yuwono menjelaskan, untuk tiga kasus terbaru ini memiliki riwayat perjalanan berbeda. Pasien positif asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) riwayat terpaparnya diduga dari wilayah Jakarta dan Bogor.

Kemudian pasien dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. Keduanya masuk di kasus penularan melalui imported cases atau kasus yang dibawa dari luar. Sedangkan untuk pasien asal Prabumulih, merupakan transmisi lokal yang terpapar saat melakukan penanganan medis terhadap pasien 02 yang meninggal dunia.

"Pasien asal Prabumulih itu memang petugas medis, merupakan kelompok penderita risiko tinggi yang menjalin kontak langsung," jelas dia.

2. Tiga pasien yang dinyatakan positif sudah melalui dua kali uji lab

Ini Daftar Riwayat 3 Pasien yang Positif Terjangkit Corona di Sumsel Pasien isolasi setelah pulang dari umrah (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri menerangkan, kepastian dari hasil ketiga pasien yang terpapar itu sudah di konfirmasi dari hasil Lab Puslitbangkes RI, setelah sebelumnya berdasar hasil uji polymerase chain reaction (PCR) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

Hasil tes yang terkonfirmasi di Palembang dipastikan di Jakarta terlebih dahulu sebelum diumumkan ke publik. "Setelah hasil laboratorium dinyatakan sama, maka barulah dapat dipastikan atau terkonfirmasi jika sampel itu positif COVID-19," terang dia.

Baca Juga: [BREAKING] Kasus Positif Corona Sumsel Meningkat Menjadi 5 Orang 

3. Ada satu pasien lagi yang belum terkonfirmasi

Ini Daftar Riwayat 3 Pasien yang Positif Terjangkit Corona di Sumsel Ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain itu dari data BBLK Palembang, ada satu pasien lagi yang dinyatakan positif asal Palembang. Hanya saja, hasil laboratoriumnya belum terkonfirmasi di pusat, baru melalui tahap pemeriksaan PCR pertama.

"Untuk tambahan di Palembang masih harus di konfirmasi ulang ke Balitbangkes," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya