Helikopter Water Bombing Mulai Seliweran di Langit Sumsel

4,7 liter air di lepas dari udara untuk padamkan karhutla

Intinya Sih...

  • Sebanyak 4,7 juta liter air dilepas dari udara untuk memadamkan Karhutla di Sumsel
  • Pemprov Sumsel mendapat bantuan sembilan helikopter, termasuk tujuh Helikopter WB untuk penanganan kebakaran
  • Dua helikopter patroli udara dan tujuh Helikopter WB digunakan untuk pemantauan hotspot dan pemadaman kebakaran lahan yang tak terjangkau tim darat

Palembang, IDN Times - Memasuki bulan Juli 2024 beberapa daerah di Sumsel telah mengabarkan kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sebanyak tujuh helikopter Water Boombing (WB) telah patroli dan penindakan pemadaman kebakaran lahan sebanyak 1.176 kali WB dengan mengangkut 4,7 juta liter air.

"Untuk water bombing, hingga 26 Juli sudah 4,7 juta liter air ditumpahkan untuk Karhutla," ungkap Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Sudirman, Senin (29/7/2024).

Baca Juga: 10 Wilayah Siaga Karhutla, Sumsel Masuki Fase Rawan Terbakar

1. Sumsel dapat bantuan dua helikopter patroli dan tujuh water boombing

Helikopter Water Bombing Mulai Seliweran di Langit SumselPemadaman api dan asap akibat Karhutla (IDN Times/Rangga Erfizal)

Helikopter WB tersebut diajukan Pemprov Sumsel ke BNPB sebanyak 10 unit. Total 9 unit yang diberikan untuk membantu agar penanganan kebakaran cepat teratasi. Adapun rincian helikopter dipinjamkan ke Sumsel terdiri dari, dua Helikopter patroli dan tujuh Helikopter WB.

"Sumsel sudah mendapat bantuan sembilan helikopter untuk menghadapi bencana Karhutla tahun ini dari 10 unit yang diajukan untuk water bombing dan patroli," jelas dia.

2. Heli patroli telah berputar 16 kali

Helikopter Water Bombing Mulai Seliweran di Langit SumselHelikopter pemadaman karhutla di Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sudirman merinci, ada dua helikopter yang digunakan khusus untuk melakukan patroli udara yakni, PK-RTY (Airbus 365 N2) dan PK-ZGD (BELL 407). Mereka bertugas memantau hotspot (titik panas) maupun fire spot (titik api) agar tim darat dapat segera mengetahui titik koordinat kebakaran.

"PK-RTY (Airbus 365 N2) sudah melakukan patroli 14 kali atau 40 jam 15 menit mengitari wilayah yang berpotensi Karhutla. Sementara PK-ZGD (BELL 407) baru dua kali terbang dengan 6 jam 10 menit terbang," beber dia.

3. Heli WB jangkau wilayah tak tertembus tim darat

Helikopter Water Bombing Mulai Seliweran di Langit SumselLahan mineral di Ogan Ilir terbakar berhasil dipadamkan dalam penanganan Karhutla yang dilakukan Mangga Agni (Dok: Manggala Agni)

Sedangkan tujuh Helikopter WB disiapkan membantu jika kebakaran terjadi di lahan yang tak terjangkau tim darat. Pihaknya menyebut seluruh helikopter yang ada akan dimaksimalkan dalam penanganan karhutla.

"Water bombing sudah dilakukan di wilayah terdampak Karhutla, seperti di Ogan Ilir, PALI, Muara Enim, Palembang, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin dan OKU Timur," kata dia.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya