Golkar Seleksi 5 Nama Berpotensi Sebagai Cagub Sumsel

Partai Golkar Sumsel pastikan bangun koalisi di Pilgub 

Palembang, IDN Times - Partai Golongan Karya Sumatra Selatan (Golkar Sumsel) menyiapkan beberapa nama kader partai untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Sumsel, Islan Hanura, mengungkapkan ada lima kader Golkar Sumsel yang diproyeksikan untuk maju dalam Pilkada 2024 mendatang.

"Secepatnya Golkar akan konsolidasi, mengumpulkan tokoh-tokoh yang punya potensi dan prioritas, tapi kami akan utamakan kader untuk maju menjadi Cagub," ungkap Islan Hanura, Jumat (15/4/2024).

Baca Juga: Ditinggal Mawardi Maju Pilgub Sumsel, Deru: Tak Pernah Terpikir Pisah

1. Golkar merasa yakin di Pilgub Sumsel

Golkar Seleksi 5 Nama Berpotensi Sebagai Cagub SumselIlustrasi politikus Partai Golkar (Instagram.com/na_nurularifin)

Islan menerangkan, kelima kader Golkar Sumsel yang disiapkan adalah Ketua DPD Golkar Sumsel, Bobby A Rizaldi; Bupati Musi Rawas (Mura), Ratna Mahmud; Bupati OKU Selatan, Popo Ali. Lalu mantan Ketua BPK, Agung Firman, dan Wakil Bupati PALI, Soemarjono.

"Tidak mungkin juga partai sebesar Golkar tidak ikut Pilgub, harus ada, malu kita kalau tidak ada," jelas dia.

Baca Juga: Nasdem Belum Pastikan Usung Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024

2. Golkar akan bangun koalisi di Pilgub Sumsel

Golkar Seleksi 5 Nama Berpotensi Sebagai Cagub SumselKetua Umum Golkar Airlangga Hartanto saat di Palembang (Dok: istimewa)

Dari kelima nama tersebut, pihaknya akan segera menyeleksi siapa yang akan ditunjuk mengemban tugas sebagai Calon Gubernur Sumsel. Menurutnya, keputusan akhir akan ditentukan oleh DPP Partai Golkar.

"Yang menurut kita layak akan didorong, tapi tidak menutup kemungkinan juga berkoalisi. Karena tidak ada 1 partai dalam Pileg lalu dan memenuhi syarat 20 persen, tidak ada yang raih 15 kursi. Partai Golkar hanya 12 kursi sehingga harus koalisi dalam Pilgub nanti," ungkap dia.

Baca Juga: Mawardi Yahya-Harnojoyo Pastikan Maju Pilgub Sumsel 2024

3. Keputusan koalisi akan berlangsung cair

Golkar Seleksi 5 Nama Berpotensi Sebagai Cagub SumselAirlangga Hartato optimis bisa menangkan Golkar di Sumut (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Dirinya pun menyebut dalam koalisi mendatang tak menutup kemungkinan menggandeng partai lain untuk berkoalisi. Koalisi terbuka tak sebatas partai koalisi seperti di Pilpres 2024.

"Kalau simetris atau tidak dengan koalisi, saya rasa akan cair di daerah. Tidak ada masalah kalau di daerah," tutup dia.

Baca Juga: Bertekad Maju Pilgub Sumsel, Heri Amalindo Cari Pasangan yang Cocok

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya