Girder Flyover Roboh di Muara Enim, Jalan Macet Hampir 2 Jam

Girder flyover menimpa kereta api dan layanan tergganggu

Intinya Sih...

  • Girder flyover roboh dan menimpa kereta api di Muara Enim
  • Proses evakuasi kereta berhasil selesai setelah 2 jam
  • Penumpang KA terpaksa melakukan overstapen ke transportasi lain selama perbaikan

Muara Enim, IDN Times -  Arus lalu lintas di perlintasan Kereta Api (KA) Gunung Megang-Penanggiran sempat mengalami kemacetan akibat robohnya girder flyover. Girder yang ambruk menimpa rangkaian kereta babaranjang saat melintas di TKP hingga terpaksa harus berhenti.

Peristiwa robohnya girder terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, dan proses evakuasi baru selesai sekitar pukul 13.20 WIB.

"Kereta sudah berhasil dievakuasi sehingga jalan perlintasan sudah berhasil dilewati," ungkap Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Kereta Babaranjang di Muara Enim Tertimpa Besi Flyover Roboh

1. Perjalanan KA penumpang turut terhenti

Girder Flyover Roboh di Muara Enim, Jalan Macet Hampir 2 JamPembangunan proyek Fly over di Muara Enim roboh menimpa KA Babaranjang yang melintas (Dok: istimewa)

Kejadian jatuhnya girder mengakibatkan arus lalu lintas Kereta Api (KA) turut terhenti. Hal ini disampaikan Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti. Ia mengatakan bahwa peristiwa tersebut berdampak pada pelayanan perjalanan KA.

"Semua aktivitas perjalanan terhenti di jalur Kertapati-Lubuk Linggau dan sebaliknya. Hal ini termasuk KA penumpang Bukit Sarelo," jelas Aida.

Baca Juga: Lansia di OKU Timur Tewas Terseret Babaranjang Sejauh 100 Meter

2. Penumpang KA dialihkan ke transportasi umum

Girder Flyover Roboh di Muara Enim, Jalan Macet Hampir 2 JamPembangunan proyek Fly over di Muara Enim roboh menimpa KA Babaranjang yang melintas (Dok: istimewa)

Aida pun mengatakan, pihak KAI terpaksa melakukan overstapen atau memindahkan penumpang ke transportasi umum lainnya selama proses perbaikan. KAI katanya meminta maaf kepada masyarakat karena ketidaknyamanan usai kejadian ini.

"Untuk penumpang KA dari Lubuk Linggau akan dilakukan overstapen di Stasiun Lahat, dan penumpang KA dari Kertapati akan dilakukan overstapen di Stasiun Gunung Megang," jelas dia.

3. Kronologi robohnya girder flyover

Girder Flyover Roboh di Muara Enim, Jalan Macet Hampir 2 JamPembangunan proyek Fly over di Muara Enim roboh menimpa KA Babaranjang yang melintas (Dok: istimewa)

Diberitakan sebelumnya, Kereta Batu Bara Rangkaian Panjang (Babaranjang) tertimpa besi proyek pembangunan Fly Over di perlintasan Bantaian petak jalan Gunung Megang- Penanggiran Kabupaten Muara Enim. Kejadian tersebut menimpa babaranjang yang sedang melintas sekitar pukul 11.00 WIB.

"Akibat kejadian ini, jalur perlintasan Kereta Api (KA) untuk sementara tidak bisa dilalui," ungkap Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti.

Aida menerangkan, besi proyek yang menimpa rangkaian babaranjang terjadi akibat dari rubuh nya pemasangan gider pada pembangunan jembatan fly over. Saat ini proses evakuasi terus dilakukan oleh pihak KAI.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Babaranjang," jelas dia.

Baca Juga: Xenia Gepeng Dihantam Babaranjang di Perlintasan KA Tanpa Palang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya