Gerhana Matahari Cincin Diprediksi BMKG Tak Melewati Wilayah Sumsel

Saat gerhana matahari sebagian, Sumsel diprediksi mendung

Palembang, IDN Times - Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi, hanya 25 kota di Indonesia yang dapat melihat Gerhana Matahari Cincin (GMC), pada 26 Desember 2019 mendatang.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo, fenomena alam tersebut terjadi akibat terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga cahaya matahari tidak sampai bumi.

"Fenomena alam ini akibat dinamisnya pergerakan matahari, bahwa gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Matahari akan nampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengah dan terang dibagian pinggirnya," ujar Nandang, Senin (23/12).

1. Sumsel hanya terjadi gerhana matahari sebagian di wilayah Rupit dan Muara Dua

Gerhana Matahari Cincin Diprediksi BMKG Tak Melewati Wilayah SumselSumsel hanya diprediksi gerhana matahari sebagian (IDN Times/Istimewa BMKG)

Nandang mengungkapkan, bila sesuai dengan perhitungan, maka wilayah Sumsel tidak akan terlihat GMC. Melainkan hanya gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana tertentu. Itu karena data dari BMKG, puncak GMC akan terjadi dengan waktu yang berbeda-beda.

Khusus Sumsel, akan terjadi gerhana matahari sebagian, terutama wilayah Rupit (Kabupaten Musi Rasa Utara) dan Muara Dua (Kabupaten OKU Selatan) pada pukul 10.30 WIB hingga puncaknya pada pukul 14.17 WIB.

"Secara umum, gerhana di Sumsel akan dimulai pukul 10.30 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 12.25 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 14.17 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Sumsel rata-rata adalah 3 jam 47 menit," ungkap dia.

2. Sumsel diprediksi mendung saat proses Gerhana Matahari Sebagian berlangsung

Gerhana Matahari Cincin Diprediksi BMKG Tak Melewati Wilayah SumselSetiap daerah berbeda saat mulai fenomena gerhana matahari (IDN Times/Istimewa BMKG)

Nandang melanjutkan, saat terjadi proses gerhana matahari sebagian di wilayah Sumsel, kemungkinan tidak bisa dinikmati sepenuhnya. Karena kondisi cuaca yang diperkirakan akan menutup langit pada saat fenomena alam berlangsung.

"Secara iklim wilayah Sumsel sedang masuk musim hujan. Sehingga, potensi cuaca berawan hingga hujan akan terjadi pada tanggal tersebut," ujar dia.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Bisa Disaksikan dari Tempat Ini

3. Fenomena GMC di Indonesia hanya bisa dinikmati di 7 provinsi

Gerhana Matahari Cincin Diprediksi BMKG Tak Melewati Wilayah SumselProses GMC di Indonesia (IDN Times/BMKG)

Nandang menyampaikan, dari 25 daerah yang akan dilalui GMC, hanya akan berlangsung di 7 Provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

"Adapun pengamat di daerah lainnya akan mengamati GMC 26 Desember 2019 berupa Gerhana Matah atau sebagian," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya