Gen Z Bakal Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada Muara Enim

Edwin Mauladi-Syuryadi diklaim potensi menang di Muara Enim

Intinya Sih...

  • Anak muda di Muara Enim penentu Pilkada, 91,60% responden Gen Z siap berpartisipasi.
  • Jujur dan tidak korupsi paling diinginkan Gen Z dengan 32,8%, diikuti merakyat dan berwibawa.
  • Pasangan Edwin Mauladi-Syuryadi diminati 35,7%, anak muda ingin pemimpin lokal yang memahami kondisi daerah.

Palembang, IDN Times - Anak muda di Muara Enim akan jadi penentu dalam Pilkada Muara Enim mendatang. Direktur Studi Politik Indoprakarsa Network, Arrahman Syafebri mengatakan, dari hasil kajian pihaknya menemukan 91,60 persen responden merupakan anak muda (Gen Z) yang siap berpartisipasi dalam Pilkada Muara Enim 2024 mendatang.

"Anak muda di Muara Enim menyoroti tiga kriteria pemimpin yakni jujur dan tidak korupsi. Lalu merakyat dan berwibawa," ungkap Arrahman Syafebri, Senin (1/7/2024).

Baca Juga: DPP Demokrat Tunjuk Heri Martadinata di Pilbup OKU Selatan

1. Indikator anak muda memilih di Muara Enim

Gen Z Bakal Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada Muara EnimIndikator pemilih muda untuk pemimpin Muara Enim (Dok: istimewa)

Tiga karakter utama yang diinginkan anak muda mendapat porsi paling besar dari hasil survei. Gen Z menilai pemimpin jujur dan tidak korupsi menjadi indikator paling besar dengan hasil survei anak muda setuju sebesar 32,8 persen. Sedangkan untuk sikap merakyat dan sederhana mencapai 17,8 persen.

Lalu indikator tegas dan berwibawa sebesar 12,4 persen. Selain itu, sebanyak 78,3 persen pemilih Gen Z setuju latar belakang putra daerah menjadi prasyarat penting bagi calon Bupati.

"Sebanyak 24,4 persen menekankan pentingnya rekam jejak yang baik, dan 19,4 persen ingin calon yang bersih dari masalah hukum," jelas dia.

Baca Juga: Joncik dan Rifai Berpotensi Lawan Kotak Kosong di Pilkada Empat Lawang

2. Edwin-Syuryadi dinilai potensial

Gen Z Bakal Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada Muara EnimShutterstock

Dari nama bakal calon kepala daerah hasil simulasi pasangan, pasangan Edwin Mauladi-Syuryadi paling diminati sebesar 35,7 persen.

Generasi muda menginginkan putra daerah yang menjadi bacabup dan bacawabup dikarenakan faktor kedekatan emosional sehingga pemimpin yang ada diharapkan memahami kondisi Muara Enim.

"Putra daerah dianggap lebih memahami permasalahan lokal yang ada di daerah tersebut," jelas dia.

Sedangkan untuk simulasi nama tokoh paling dikenal anak muda muncul tiga nama teratas yakni, Ahmad Rizali sebesar 83,4 persen, Nurul Aman 81,1 persen, dan Edwin Mauladi sebesar 79,4 persen.

"Mereka cenderung lebih aktif mengikuti perkembangan politik dan lebih kritis terhadap isu-isu yang terjadi," jelas dia.

3. Pilihan anak muda dinilai relevan

Gen Z Bakal Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada Muara EnimIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pengamat politik M Haekal Al-Haffafah mengingatkan peran penting anak muda Muara Enim dalam Pilkada mendatang. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari keinginan Gen Z ini untuk bisa diakomodir dalam kemajuan Muara Enim kedepan.

Apalagi berdasarkan data jumlah penduduk yang dikeluarkan oleh BPS pada 2023 lalu, dari total 640 ribu jiwa warga Kabupaten Muara Enim, terdapat sekitar 150-200 ribu jiwa anak muda yang masuk kategori Gen Z.

"Apa yang diinginkan oleh anak muda Muara Enim ini, relevan dengan kondisi saat ini. Kondisi dimana sumber daya alam tidak bisa dikelola secara maksimal dan tidak melibatkan mereka secara langsung," jelas dia.

4. Anak muda sudah paham permasalahan Muara Enim

Gen Z Bakal Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada Muara EnimIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Haekal menerangkan, dalam lima tahun terakhir kondisi politik Muara Enim berjalan tidak stabil akibat korupsi sehingga kepala daerah kerap berganti-ganti. Dari nama-nama yang memimpin Muara Enim tak satupun putra daerah, hingga menimbulkan keinginan bagi putra daerah melakukan pembaharuan.

"Sangat menarik jika melihat Pilkada Muara Enim ke depan, anak-anak mudanya sudah mulai sadar dan paham dengan politik yang akan menentukan masa depan mereka sendiri," tutup Haekal.

Baca Juga: Bawaslu Sumsel Petakan Kondisi Kerawanan Pilkada Serentak

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya