Ganjar Pranowo Kenang Almarhum Taufiq Kiemas Sebagai Guru Politik 

Sumsel dinilai krusial secara politik dan ekonomi bagi nasional

Palembang, IDN Times - Calon Presiden Ganjar Pranowo mengatakan, mendekati hubungan dekat dengan salah satu tokoh asal Sumatra Selatan (Sumsel) yakni, almarhum Taufiq Kiemas. Kedekatan itu terbangun dari proses panjang perjalanan politiknya belasan tahun silam.

Ganjar mengaku ditempa dan belajar banyak dari sosok Taufiq Kiemas dalam setiap hal. Dirinya menyebut sampai menjadi calon presiden dari PDIP tak lepas dari peran suami Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Di hadapan beliau (Taufiq Kiemas), saya selalu dimarahi, seakan tidak ada langkah saya yang benar," ungkap Ganjar Pranowo dalam konsolidasi PDIP di Palembang, Sabtu (20/5/2023).

1. Kepercayaan Taufiq untuk Ganjar dimulai 2013

Ganjar Pranowo Kenang Almarhum Taufiq Kiemas Sebagai Guru Politik Konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 DPD PDIP Sumsel. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Ganjar mengaku berjuang dari kader biasa di PDIP dan digembleng Taufiq Kiemas untuk menjadi politisi kuat. Kenangan manis bersama almarhum dirasakan Ganjar saat ditugaskan PDIP untuk maju menjadi Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2013 silam.

Ganjar mengenang sikap keras Taufiq Kiemas terhadap dirinya. Kala itu partai menugaskannya maju dalam Pilkada, padahal banyak orang tidak mengenal dirinya.

"Dulu popularitas saya hanya 7 persen, elektabilitas 3 persen. Dibanding petahana kalah jauh. Dengan semangat partai, semua bahu membahu turun hingga ke ranting memenangkan pemilihan," jelas dia.

2. Ganjar ingat pesan Megawati untuk selalu melayani masyarakat

Ganjar Pranowo Kenang Almarhum Taufiq Kiemas Sebagai Guru Politik Konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 DPD PDIP Sumsel. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Ganjar Pranowo meyakini hal sama dapat terjadi pada Pilpres mendatang. Menurutnya, apa terjadi di Jawa Tengah 10 tahun silam dapat terulang jika semua kader PDIP bahu membahu melakukan gotong royong turun ke akar rumput memenangkan Pemilu 2024.

"Dengan semangat yang sama, saya meyakini, kita bisa menang di Pilpres dan Pileg," jelas dia.

Ganjar pun menambahkan, dalam waktu dekat akan kembali ke Sumsel untuk membantu DPD turun ke tingkat ranting agar dekat dengan masyarakat. Hal ini tidak lain untuk membantu PDIP menang disemua tingkatan baik Pilkada, Pileg dan Pilpres.

"Tujuan memenangkan kontestasi untuk melayani masyarakat. Kata bu Mega Kalau jadi Presiden dan tidak melayani masyarakat tak kepruk (saya pukul)," jelas Ganjar.

3. Ganjar dinilai lahir dari rahim PDIP

Ganjar Pranowo Kenang Almarhum Taufiq Kiemas Sebagai Guru Politik Konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 DPD PDIP Sumsel. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Rahmanda Kiemas menyebutkan, Ganjar Pranowo merupakan kader terbaik dibentuk PDIP. Menurutnya sikap PDIP menunjuk Ganjar sebagai capres merupakan kesempatan bisa dimiliki seluruh kader jika memiliki potensi dan kapasitas.

"Jika hanya teriak menangkan Ganjar Pranowo tetapi tidak ada kerja politik ya pecuma saja," kata dia.

Baca Juga: Konsolidasi PDIP Sumsel, Ganjar Pranowo Diteriaki Presiden 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya