Ganjar Jadi Rebutan, Warga Palembang Rebutan Minta Foto

Ganjar temui harga beras, gula dan daging naik di pasar

Intinya Sih...

  • Ganjar Pranowo menjadi pusat perhatian saat blusukan di Palembang
  • Masyarakat rela berdesakan untuk swafoto dengan mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut
  • Ganjar menemui pedagang di Pasar Palimo dan menemukan harga beras, gula, dan daging naik

Palembang, IDN Times - Ganjar Pranowo menjadi magnet bagi masyarakat saat dirinya blusukan di Palembang. Masyarakat yang telah menunggunya langsung menyerbu mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut untuk swafoto.

Mereka memilih mengabadikan momen yang jarang terjadi tersebut. Warga Palembang pun rela berdesak-desakan

"Pak foto dulu, sini pak sebentar," desak warga Palembang, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Blusukan Sambil Santap Pempek di Palembang

1. Ganjar terima ajakan masyarakat berfoto

Ganjar Jadi Rebutan, Warga Palembang Rebutan Minta FotoGanjar Pranowo makan pempek di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pada momen tersebut Ganjar sambil tersenyum menerima ajakan. Dirinya terlihat tersenyum dan menyalami masyarakat.

Sela berfoto itu, warga Palembang mengungkapkan perasaannya agar Ganjar melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan nasional.

"Kita lihat dulu ya ke dalam," kata Ganjar.

Baca Juga: Pedagang Pempek Palembang Deg-degan dan Senang Bertemu Ganjar

2. Ganjar kaget harga daging di Palembang lebih mahal

Ganjar Jadi Rebutan, Warga Palembang Rebutan Minta FotoGanjar Pranowo saat berkampanye sambil blusukan di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Usai menyapa masyarakat, Ganjar masuk ke Pasar Palimo (45) Palembang. Ia berdiskusi dengan pedagang mengenai harga kebutuhan pokok. Pedagang pertama yang didatangi Ganjar adalah penjual Sayur.

Dirinya menanyakan bagaimana distribusi pasokan sayur saat ini. Mendengar harga dan pasokan lancar, Ganjar pun membeli beberapa ikat sayur milik sang pedagang.

Selanjutnya Ganjar menemui pedagang daging di pasar tersebut. Dirinya nampak terkejut ketika mendengar harga daging mencapai Rp140.000 per kilogram.

"Lho, kemarin sempat menyentuh harga Rp135.000," jelas Ganjar.

3. Harga beras dan gula dinilai tak stabil

Ganjar Jadi Rebutan, Warga Palembang Rebutan Minta FotoGanjar Pranowo saat berkampanye sambil blusukan di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ganjar meminta kepada pemerintah untuk segera melakukan upaya dalam menekan harga kebutuhan pokok. Tak hanya daging yang naik, Ganjar juga menemukan harga beras dan gula yang ikut merangkak naik.

"Ternyata dari pasar ke pasar keluhannya masih sama, harga beras masih tinggi, jatuhnya Rp14.000 sampai Rp15.000, harga gula dulu Rp14.000 tapi sekarang Rp18.000. Kebutuhan pokok yang sudah berbulan-bulan perlu stabil segera, rakyat berharap harga-harga ini, siapapun yang punya tanggung jawab, harus cepat menstabilkan harga,” kata Ganjar.

4. Peternak saat ini alami kesulitan

Ganjar Jadi Rebutan, Warga Palembang Rebutan Minta FotoGanjar Pranowo makan pempek di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Ganjar keluhan ini tak hanya berasal dari pedagang atau pembeli, tetapi juga dari peternak. Saat bertemu dengan peternak, dirinya mendapati keluhan mengenai harga pakan yang naik. Untuk satu kilogram jagung pakan ternak diketahui menyentuh harga Rp9.000.

"Kemarin saya bertemu peternak ayam khususnya petelur, jagung mahalnya minta ampun, sekarang Rp9.000. Harga telur dari mereka keluar Rp22.000, dia mau jual Rp28.000 tidak bisa. Maka sekarang para peternak merasakan situasi yang terburuk," ujar Ganjar.

Meskipun peternak sedang terpuruk, pasokan telur ke pasar-pasar pun masih terbilang stabil. Sehingga Ganjar meminta pemerintah melihat kondisi peternak telur saat ini.

"Jagung kita punya pengaruh besar, maka kita bicara hulunya, khususnya padi, jagung dan kedelai harus diperhatikan. Kalau tidak, pasar kita hancur, ini yang harus kita stabilisasi harga," tutup dia.

Baca Juga: Ganjar Beberkan Cara agar Harga Pangan Bisa Stabil

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya