Flyover Simpang Sekip Diprediksi Bisa Dilalui Kendaraan April 2024

Saat ini progres pengerjaan lantai jembatan masih dilakukan

Intinya Sih...

  • Pengerjaan flyover Simpang Sekip Ujung sudah mencapai 86,7% progresnya dan dikebut agar selesai pada April 2024.
  • Target soft opening ditetapkan pada Maret atau awal April 2024, namun pengerjaan lantai jembatan masih harus dipercepat untuk memenuhi kelengkapan.
  • Flyover ini dibangun dengan tipe prestress concrete tipe I Girder dengan panjang 660 meter, lebar 18,4 meter, dan memiliki 4 lajur serta 2 arah.

Palembang, IDN Times - Pengerjaan pembangunan proyek Flyover Simpang Sekip Ujung terus dikebut usai molor dari target pada Desember 2023. Dari data Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional (BBPJN), pembangunan telah sampai tahap pengerjaan lantai jembatan.

"Sudah sekitar 86,7 persen progres pengerjaan Flyover Sekip Ujung," ungkap Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel, Basyaruddin Akhmad, Senin (8/1/2024).

Baca Juga: PJ Gubernur Sumsel Minta Masyarakat Bersabar Tunggu Flyover Sekip

1. Kelengkapan jembatan masih dalam proses pengerjaan

Flyover Simpang Sekip Diprediksi Bisa Dilalui Kendaraan April 2024IDN Times/Feny Maulia Agustin

Basyaruddin mengatakan, flyover yang menghubungkan Jalan Basuki Rahmad menuju Jalan R. Soekamto atau sebaliknya ditarget bisa dilalui pada April 2024 mendatang. Pihaknya pun mengakui pengerjaan jembatan akan kembali molor dari target pada Februari 2024.

"Untuk soft opening ini waktunya bisa Maret atau awal April 2024. Dikarenakan memang masih melengkapi kelengkapan untuk jembatan," ungkap dia.

Baca Juga: Update Flyover Simpang Sekip, Masih Fokus Drainase 28 Persen

2. Beberapa detail jembatan belum selesai dikerjakan

Flyover Simpang Sekip Diprediksi Bisa Dilalui Kendaraan April 2024Peninjauan pembangunan fly over simpang sekip Palembang (Dok: istimewa)

Menurutnya, saat ini masih lantai jembatan tengah dikebut dan diharapkan selesai pada Februari 2024 mendatang. Dirinya pun memastikan dalam satu bulan ke depan seluruh lantai sudah tersambung.

"Karena untuk beberapa bagian kelengkapan jembatan seperti dinding sandaran beton jembatan dan lain-lain masih ada yang belum selesai," jelas dia.

3. Rincian pengerjaan Flyover Sekip

Flyover Simpang Sekip Diprediksi Bisa Dilalui Kendaraan April 2024Peninjauan pembangunan fly over simpang sekip Palembang (Dok: istimewa)

Sebelumnya, Flyover Sekip Ujung ditargetkan selesai selama 630 hari atau 21 bulan. Flyover ini dibangun dengan tipe prestress concrete tipe I Girder dengan panjangnya 660 meter, dimulai dari BLPT Kota Palembang hingga ke SPBU. Rinciannya, panjang jembatan 190 meter (4 span) dan oprit 470 meter (160 meter Jl Basuki Rahmat dan 310 meter Jl R Soekamto).

Lebar FO ini 18,4 meter dengan 4 lajur dan 2 arah. Sementara ketinggiannya 5,2 meter. Pada bangunan bawah, jumlah ABT 2 uni dan 3 pilar 3 dengan pondasi bore pile 1 meter. Pada oprit-nya, timbunan berupa mortar busa dengan wire mesh dan lantai rigid pavement. Untuk jalan samping, rigid pavement selebar 7,8 meter.

Baca Juga: Flyover Simpang Sekip Palembang Tahap 1 Telan Dana Rp69,7 Miliar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya