ESP Ambil Formulir di PDI Perjuangan untuk Pilgub Sumsel

ESP merasa punya ikatan dengan PDI Perjuangan

Intinya Sih...

  • ESP mengambil formulir bakal calon kepala daerah Sumsel di kantor DPD PDI Perjuangan sebagai bentuk ikhtiar membangun koalisi.
  • Eddy dinilai memiliki kedekatan dengan PDI Perjuangan dan dianggap berjasa dalam membesarkan partai tersebut.
  • Meskipun kini menjadi kader Partai Gerindra, ESP masih memiliki ikatan kuat dengan PDI Perjuangan dan berkomitmen untuk membangun Sumsel.

Palembang, IDN Times - Mantan kader PDI (PDI) Perjuangan yang juga mantan Wali Kota (Wako) Palembang, Eddy Santana Putra atau ESP, mendatangi kantor DPD PDI Perjuangan diwakili penerima kuasa Zainu Bahri Haz. Kedatangan Zainu mewakili SP untuk mengambil formulir bakal calon kepala daerah Sumatra Selatan (Sumsel).

Eddy menyusul mantan Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang sudah lebih dulu mengambil formulir satu hari sebelumnya. Pengambilan formulir tersebut dilakukan menjadi bentuk ikhtiar membangun koalisi.

"ESP akan mengambil formulir ke partai lain seperti Hanura, Golkar, Gerindra dan partai-partai lainnya. Karena tidak mungkin kita bergerak tanpa koalisi," ungkap Zainu, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga: Cari Dukungan, Herman Deru Ambil Formulir Bacagub PDI Perjuangan

1. Eddy pernah membesarkan PDI Perjuangan

ESP Ambil Formulir di PDI Perjuangan untuk Pilgub SumselPolitisi Sumsel Eddy Santana Putra (Dok: ESP)

Sebagai mantan kader PDI Perjuangan, Eddy dinilai Zainu memiliki kedekatan dengan partai berlogo banteng tersebut. Menurut Eddy, PDI Perjuangan juga yang membuat namanya dikenal masyarakat luas.

"Beliau menghormati PDI Perjuangan dan dulunya kader, ikut membesarkan PDI Perjuangan dan juga dibesarkan," jelas dia.

Baca Juga: Heri Amalindo Daftar Bacagub ke PDI Perjuangan Selepas Umrah 

2. Rekam jejak ESP dinilai cukup menjadi Bacakada

ESP Ambil Formulir di PDI Perjuangan untuk Pilgub SumselPengambilan formulir bacakada Sumsel di kantor PDIP (Dok: istimewa)

Meski saat ini sudah pindah haluan menjadi kader Partai Gerindra, ESP dinilai masih memiliki ikatan kuat dengan PDI Perjuangan. Hal ini diwujudkan dengan semangatnya dalam membangun Sumsel.

"Meskipun sekarang tidak lagi bersama PDI Perjuangan, beliau akan terus berjuang untuk partai dan terlebih untuk kepentingan masyarakat Sumsel," jelas dia.

Rekam jejak mentereng ESP dalam membangun Sumsel diklaim menjadi bukti keseriusan untuk membenahi daerah di masa mendatang. ESP merasa dirinya pantas menjadi salah satu kandidat dalam kontestasi Pilgub dan Pilwagub 2024.

3. Belum ada calon yang mendaftar

ESP Ambil Formulir di PDI Perjuangan untuk Pilgub SumselSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto ketika menyerahkan Amicus Curiae ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada 16 April 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Daerah DPD PDI Perjuangan, Akmal mengatakan pembukaan pendaftaran calon kepala daerah Sumsel akan berlangsung selama satu bulan. Pihaknya membuka diri bagi para tokoh politik di Sumsel untuk mendaftar mengikuti seleksi dalam mekanisme partai.

"Baru ambil formulir, belum mendaftar. Sudah mendaftar kalau sudah mengembalikan formulir," tutup dia.

Baca Juga: Tampung Masukan Warga, Heri Amalindo Adopsi Program Alex Noerdin

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya