Dugaan Suap Pimpinan KPK, Alexander: Tindak Biar Lainnya Belajar

Alexander menyebut istilah tupai pandai melompat yang jatuh

Palembang, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi perbincangan setelah kasus dugaan penerimaan suap yang dilakukan oleh Firli Bahuri. Mantan Kapolda Sumsel itu Firli dituduh melenceng dari sikap lembaga antirasuah dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Menanggapi isu yang menyeret pimpinan KPK, Wakil Ketua Alexander Marwata mengaku hal tersebut masih berproses dan dalam penyelidikan. Pihaknya enggan menanggapi kasus yang menyeret Firli Bahuri.

"Yang menyeret pimpinan KPK itu baru isu. Belum ada tersangka loh, ya," ungkap Alexander, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Polisi Didesak Cegah Firli Bahuri ke Luar Negeri Supaya Gak Kabur

1. Pegawai KPK masih ada yang terkena permasalahan hukum

Dugaan Suap Pimpinan KPK, Alexander: Tindak Biar Lainnya BelajarWakil Ketua KPK Alexander Marwata saat di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sosialisasi pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK dianggap berseberangan dengan nilai-nilai yang diyakini lembaga antirasuah. Alexander menyebut, masalah kasus korupsi telah ditanamkan kepada pegawai KPK. Namun masih juga ada pegawai yang akhirnya terseret dalam kasus tersebut.

"Saya sampaikan saja apa adanya (pegawai KPK terkena masalah hukum). Kami gak malu kok. Dari 1.500 orang kalau ada 1-2 yang nakal, kita tindak supaya yang lain belajar dari kesalahan," jelas dia.

Baca Juga: Diperiksa Polisi Besok, Ketua KPK Firli Bahuri Malah Roadshow ke Aceh

2. Alexander sebutkan contoh pegawai yang bermasala

Dugaan Suap Pimpinan KPK, Alexander: Tindak Biar Lainnya BelajarWakil Ketua KPK Alexander Marwata saat di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Alexander pun mencontohkan, kasus yang menjeret penjaga rutan KPK karena menerima gratifikasi dari mantan Menpora, Imam Nahrawi, serta pengusaha penyuap Bupati Muara Enim, Robi Okta Fahlevi. Ada juga penyidik KPK yang terkena kasus pemerasan terhadap saksi kasus korupsi.

"Gak ada permasalahan juga bagi kami. Sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh juga," jelas dia.

3. Alexander siap jika diperiksa

Dugaan Suap Pimpinan KPK, Alexander: Tindak Biar Lainnya BelajarKetua KPK Firli Bahuri tengah menumpang helikopter. (Dokumentasi MAKI)

Alexander pun mengaku siap jika harus dipanggil dalam kasus yang menjerat Firli Bahuri. Menurutnya, KPK tidak akan terganggu meski ada pimpinannya terjerat masalah hukum.

"Saya akan dengan senang hati memberikan keterangan apa yang saya ketahui, saya dengar. Sampai sekarang kan gak. Pasti kami selalu berharap aparat penegak hukum bekerja profesional," tutup dia.

Baca Juga: Beredar Foto Pertemuan Bos Alexis Alex Tirta dengan Firli Bahuri

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya