DPD Golkar Sumsel Bakal Buka Seleksi Bakal Calon Gubernur

Golkar Sumsel hanya ingin tentukan dan usung calon Gubernur

Intinya Sih...

  • Golkar Sumsel membuka pendaftaran Bacakada untuk Pilkada 2024
  • Pendaftaran hanya berlangsung selama 3 hari, dengan seleksi dari popularitas hingga kemampuan
  • Golkar menolak mengirimkan calon kepala daerah sebagai wakil dan akan fokus pada Koalisi Indonesia Maju

Palembang, IDN Times - DPD Partai Golongan Karya Sumatra Selatan (Golkar Sumsel) akan membuka pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) dalam waktu dekat. Keputusan itu dilakukan untuk menjaring nama-nama calon pemimpin daerah di tingkat provinsi.

"Dalam waktu dekat akan kita buka pendaftaran penjaringan ini (Bacakada)," ungkap Ketua Pemenangan Pemilu Sumsel 2 DPD Golkar Sumsel, Hilmin, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: Cari Dukungan, Herman Deru Ambil Formulir Bacagub PDI Perjuangan

1. Pendaftaran akan dibuka singkat

DPD Golkar Sumsel Bakal Buka Seleksi Bakal Calon GubernurIlustrasi kader Golkar (Dok. IDN Times)

Hilmin menerangkan, waktu pendaftaran hanya akan berlangsung selama tiga hari untuk mengambil formulir. Para calon akan diberikan waktu dua hari untuk mengembalikan formulir sebagai bentuk komitmen menjajaki penjaringan Golkar.

"Ada tahapan-tahapannya (seleksi), setelah itu akan dikerucutkan pada satu nama untuk pertarungan Pilkada Sumsel," jelas dia.

Baca Juga: Partai Demokrat Sumsel Siapkan Kader Bertarung di Pilkada 2024

2. Golkar hanya cari calon Gubernur

DPD Golkar Sumsel Bakal Buka Seleksi Bakal Calon GubernurMenteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (IDN Times/Amir Faisol)

Menurutnya, DPD Golkar akan menyeleksi dari semua sisi. Mulai dari popularitas hingga kemampuan bacakada dalam memenangan Pilkada 2024.

"Mama-nama yang nantinya diusung Partai Golkar harus memiliki kredibilitas, kapabilitas, kapasitas, dan juga elektabilitas yang baik," jelas dia.

Hilmin menilai, Partai Golkar Sumsel mencari calon Gubernur terbaik untuk Sumsel. Pihaknya menolak jika harus bersanding mengirimkan calon kepala daerah sebagai wakil.

"Calon yang kita usung maju sebagai cagub bukan cawagub," jelas dia.

Baca Juga: ESP Ambil Formulir di PDI Perjuangan untuk Pilgub Sumsel

3. Golkar bangun koalisi yang sudah ada

DPD Golkar Sumsel Bakal Buka Seleksi Bakal Calon GubernurPrabowo Subianto dalam konferensi pers usai jadi pembicara di acara Public Lecture Golkar Institute di Kantor DPP Partai Golkar, Jakbar (31/8/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hilmin pun menambahkan, Golkar Sumsel melihat fenomena dalam politik Sumsel karena masyarakat menginginkan pemimpin baru. Sosok pemimpin baru diharapkan dapat membangun Sumsel di masa kepemimpinan 2024-2029.

Terkait koalisi yang akan dibangun, Golkar Sumsel akan berpatok pada Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sudah terbentuk di tingkat nasional sebagai prioritas.

"Partai Golkar tidak meminta mahar karena kandidat tersebut diminta fokus pemenangan Pilkada," tutup dia.

Baca Juga: Popo Ali Tanggapi Isu Maju Pilgub Sumsel 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya