Diumumkan Hari Ini, Kasus Positif Berasal dari Sampel Pasca Lebaran

Palembang hari ini bertambah 30 orang

Palembang, IDN Times - Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumsel, Yusri mengatakan, jika pemeriksaan sampel di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang sejauh ini belum maksimal. Buktinya, pengumuman kasus positif hari ini, Sabtu (6/6), merupakan sampel hasil swab yang diambil pasca hari raya Idulfitri. 

"Kasus positif hari ini terkonfirmasi 30 orang. Sampel itu didapat dari pasien yang kita periksa setelah lebaran, atau seminggu lalu dan baru keluar hari ini," ujar Yusri saat mengumumkan perkembangan COVID-19 Sumsel.

1. Palembang masih banyak sebaran kasus positif

Diumumkan Hari Ini, Kasus Positif Berasal dari Sampel Pasca LebaranIlustrasi pemeriksaan rapid test di pasar Palembang (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Dari jumlah 30 orang positif diketahui 29 orang di antaranya merupakan warga Kota Palembang, sedangkan satu orang sisanya dari Banyuasin. Palembang menjadi wilayah konfirmasi positif terbesar di Sumsel dengan catatan sudah mencapai 657 kasus positif. Sedangkan untuk pasien yang berhasil survive dari virus COVID-19 bertambah 15 orang.

"Pasien sembuh kita bertambah 15 orang sehingga hari ini sudah terkonfirmasi 297 orang. Mereka sudah dinyatakan sembuh setelah pemeriksaan sampel kedua keluar," jelas dia.

Baca Juga: 2 Wartawan di Sumsel Terjangkit COVID-19

2. Kasus meninggal dunia ada 42 orang

Diumumkan Hari Ini, Kasus Positif Berasal dari Sampel Pasca LebaranJubir gugus tugas Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Lalu untuk pasien meninggal dunia hari ini diumumkan juga bertambah. Pasien meninggal adalah warga Palembang dan Banyuasin. Sehingga total meninggal dunia ada 42 orang.

"Tidak henti-hentinya kita mengingatkan, kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, agar terhindar dari sebaran virus yang berbahaya jika terpapar dan membawa virus ke orang yang rentan," jelas dia.

3. Kasus ODP dan PDP hari ini

Diumumkan Hari Ini, Kasus Positif Berasal dari Sampel Pasca LebaranProses live report perkembangan COVID-19 di Sumsel (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Sementara itu perkembangan sampel yang masih diperiksa oleh BBLK Palembang hingga hari ini tercatat sudah 4.990 sampel. Ada peningkatan sampel yang masuk, terdiri dari sampel OTG 3.938 PDP 821 dan ODP 231 orang.

Pada kasus ODP terus meningkat hingga mencapai 6.763 dengan selesai pemantauan 4.314 dan masih dalam pemantauan 2.449. Kasus PDP berjumlah 668 orang, dengan selesai pengawasan 267 orang dan masih dalam pengawasan, 401 orang.

"Sampel yang telah keluar hasilnya ada 1.104 orang dan dinyatakan positif sampai hari ini. Sedangkan negatif sudah ada 661 sampel," tandas dia.

Baca Juga: Sumsel Tambah Alat PCR Rp3,8 Miliar, Uji Swab Keluar Hitungan Jam  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya