Dinkes dan BPOM Palembang Minta Penjualan Ciki Ngebul Distop

Langkah ini untuk mencegah keracunan pada anak

Palembang, IDN Times - Polemik ciki ngebul di Jawa Barat berdampak di Palembang Sumatra Selatan. Dinas Kesehatan Palembang dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) meminta pedagang untuk menghentikan sementara penjualan ciki ngebul.

"Meski sampai sejauh ini belum ada laporan terkait keracunan," ungkap Kepala Dinkes Kota Palembang Fenty Apriana, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Pemkab Tangerang Minta Warga Waspadai Ciki Ngebul

1. Orangtua diimbau perhatikan jajanan anak

Dinkes dan BPOM Palembang Minta Penjualan Ciki Ngebul DistopCiki ngebul. (Instagram/iisrowi)

Fenty menjelaskan, pelarangan ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Salah satu yang menjadi perhatian, jajanan tersebut menimbulkan efek asap dingin yang muncul dari campuran nitrogen.

"Imbauan ini berlaku untuk orangtua yang memiliki anak, agar tidak membeli dan mengonsumsi makanan tersebut," jelas dia.

2. Nitrogen cair berpotensi rusak organ dalam

Dinkes dan BPOM Palembang Minta Penjualan Ciki Ngebul Distopmedicalnewstoday.com

Menurutnya berbagai kajian, konsumsi liquid nitrogen atau nitrogen cair dapat menimbulkan permasalahan serius terhadap kesehatan. Beberapa masalah serius yang ada menimbulkan radang dingin, luka bakar, kerusakan jaringan kulit, tenggorokan terbakar hingga kerusakan internal organ.

"Kerusakan berpotensi merusak ginjal, dan merusak saluran pernapasan," jelas dia.

3. Kemenkes keluarkan SE pengawasan nitrogen cair pada makanan

Dinkes dan BPOM Palembang Minta Penjualan Ciki Ngebul Distopilustrasi penggunaan nitrogen cair dalam industri makanan (pexels.com/David Disponett)

Menurut Fenty, sejauh ini Dinkes Palembang dan BPOM telah sidak ke empat penjual ciki ngebul di Palembang. Mereka diminta untuk tidak berjualan sampai ada keputusan lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun turut mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk pengawasan penggunaan nitrogen cair pada makanan.

Baca Juga: 28 Anak Keracunan, Dinkes Tetapkan Jabar Darurat Medis Ciki Ngebul

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya