Demokrat Sumsel Ungkap Kekecewaan Kader Terhadap Pengkhianatan Nasdem

Nasdem dinilai cacat dalam membangun etika politik

Palembang, IDN Times - DPD Partai Demokrat mengungkap kekecewaan dengan keputusan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Keputusan sepihak Nasdem dengan memasangkan Anies-Imin, dinilai tidak menghormati kesepakatan Koalisi Perubahan yang telah dibangun beberapa waktu terakhir.

"Kita anggap ini sebagai pengkhianatan, karena komitmen ataupun perjanjian yang dibuat secara bersama telah diingkari," ungkap Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki kepada IDN Times, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: Demokrat Sumsel Pastikan Pertemuan dengan PDIP Tak Goyang Koalisi

1. Pencopotan baliho Anies bentuk kekecewaan kader

Demokrat Sumsel Ungkap Kekecewaan Kader Terhadap Pengkhianatan NasdemIDN Times/Istimewa

Keputusan mendukung Anies Baswedan sebagai Capres selama ini sudah disosialisasikan kepada kader Demokrat di Sumsel. Muchendi tidak menampik jika kekecewaan atas pengkhianatan Nasdem akan membuat kadernya kecewa lalu mencopot alat peraga, baliho, atau konten digital yang telah diproduksi.

"Sejauh ini belum termonitor ada di daerah mana saja, karena kami memang belum banyak memasang gambar Anies. Kalaupun ada (pencopotan), itu bentuk kekecewaan kader," jelas dia.

Baca Juga: Keluar dari Koalisi Perubahan, Demokrat Tindaklanjuti Tawaran PDIP

2. Koalisi Perubahan terikat komitmen bersama

Demokrat Sumsel Ungkap Kekecewaan Kader Terhadap Pengkhianatan NasdemKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Muchendi menilai apa yang terjadi dalam proses politik tersebut tidak menjunjung komunikasi yang baik, hingga menyudutkan Partai Demokrat dan memaksa menyetujui keputusan itu. Padahal komitmen yang dibangun dalam Koalisi Perubahan sudah disepakati bersama.

"Selama ini kita sangat menjaga etika dalam politik. Apalagi kita sudah terikat komitmen baik tertulis dan tidak tertulis," jelas dia.

3. Tegak lurus keputusan DPP Demokrat

Demokrat Sumsel Ungkap Kekecewaan Kader Terhadap Pengkhianatan NasdemKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

DPD Partai Demokrat Sumsel masih menunggu arahan DPP terkait kelanjutan Koalisi Perubahan. Apapun keputusan itu, pihaknya akan tegak lurus dengan keputusan partai.

"Sebagai kader kami menunggu arahan Ketum dan Ketua Majelis Tinggi partai yang rencananya ada pengarahan terkait hal ini (kelanjutan koalisi)," tutup dia.

Baca Juga: Demokrat Sebut Anies Terima Penetapan Cak Imin sebagai Bakal Cawapres

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya