Demokrat Sumsel Pastikan Deklarasi Harnojoyo Sebagai Cawagub Sepihak

Demokrat Sumsel sebut calon di Pilgub Sumsel ditentukan DPP 

Intinya Sih...

  • DPD Partai Demokrat Sumsel belum bereaksi atas deklarasi Harnojoyo sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Sumsel 2024.
  • Keputusan penunjukan kader untuk Pilgub ditentukan oleh DPP Demokrat dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
  • Mantan Wagub Sumsel, Mawardi Yahya, dan mantan Wali Kota Palembang, Harnojoyo, akan maju bersama dalam Pilkada November 2024 mendatang.

Palembang, IDN Times - DPD Partai Demokrat Sumsel belum menunjukan reaksi atas deklarasinya Harnojoyo sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Sumsel 2024 beberapa waktu lalu. Kader Demokrat tersebut bersama Mawardi Yahya telah mengumumkan akan maju bersama di Pilkada November 2024 mendatang.

Sekretaris DPD Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki, menyebut keputusan sepihak maju sebagai Bacawagub bukan dari internall partai. Pihaknya masih menunggu arahan partai dan tahapan Pilkada.

"Kita tidak mau berasumsi terlalu jauh, karena memang belum memasuki tahapan (Pilkada)," ungkap Muchendi, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga: Mawardi Yahya-Harnojoyo Pastikan Maju Pilgub Sumsel 2024

1. AHY akan tunjuk siapa yang maju di Pilkada

Demokrat Sumsel Pastikan Deklarasi Harnojoyo Sebagai Cawagub SepihakMawardi Yahya - Harnojoyo deklarasi untuk maju Pilgub Sumsel 2024 (IDN Times/Dokumen)

Muchendi menambahkan, keputusan penunjukan kader yang akan berkontestasi dalam Pilgub mendatang ditentukan oleh DPP Demokrat. Penunjukan itu akan diberikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Untuk menentukan bakal Cagub dan Cawagub itu kewenangannya ada di Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Ketua Umum Demokrat," jelas dia.

Baca Juga: Ditinggal Mawardi Maju Pilgub Sumsel, Deru: Tak Pernah Terpikir Pisah

2. Demokrat punya catatan keikutsertaan kader dalam Pilgub

Demokrat Sumsel Pastikan Deklarasi Harnojoyo Sebagai Cawagub SepihakMawardi Yahya - Harnojoyo deklarasi untuk maju Pilgub Sumsel 2024 (IDN Times/Dokumen)

Muchendi pun menilai sejarah partainya di Sumsel terbilang cukup mentereng, karena berhasil mendorong banyak kader menjadi kepala daerah. Terakhir pada Pilkada 2018 lalu, pihaknya mendorong kadernya maju dalam Pilgub 2018, yakni Ishak Mekki.

Sedangkan untuk kontestasi Pilgub 2013, Partai Demokrat bahkan sempat menjadi pemenang di Sumsel berkoalisi dengan Golkar.

"Melihat 2 periode terakhir ini di Pilgub, Demokrat selalu mendorong dan mengutamakan kadernya yang punya potensi untuk ikut kontestasi," jelas dia.

3. Mawardi-Harnojoyo deklarasi bersama maju di Pilgub

Demokrat Sumsel Pastikan Deklarasi Harnojoyo Sebagai Cawagub Sepihak(Mawardi Yahya umumkan gandeng Harnojoyo maju Pilgub Sumsel 2024) IDN Times/istimewa

Mantan Wakil Gubernur Sumatra Selatan (Wagub Sumsel), Mawardi Yahya, menyatakan maju dalam Pilkada atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel pada November 2024 mendatang. Mantan pasangan Herman Deru itu akan maju bersama mantan Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo.

Keduanya resmi membuat pernyataan bertarung dalam Pilkada yang akan datang, disaksikan mantan Gubernur Sumsel, Syahrial Oesman, bersama sejumlah pendukung di lapangan Golf Pertamina Palembang, Minggu (10/3/2024) 

"Saya bersama Pak Harnojoyo mempunyai kesepakatan dalam rangka untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah Sumsel. Sebagai Bakal Calon Gubernur Sumsel, dan Pak Harnojoyo sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur," ujar Mawardi.

Ia sempat secara tegas menyatakan tidak berpisah dengan mantan Gubernur Sumsel, Herman Deru. Hanya saja dengan dirinya akan maju bersama Harnojoyo, menandakan ia tidak bersama lagi.

"Alhamdulillah saya bersama Pak Herman Deru mungkin kalian melihat sendiri, saya sebagai orangtua, tidak pernah arti kata perselisihan sampai selesai tentunya," ungkap dia.

Baca Juga: Nasdem Belum Pastikan Usung Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya