Caleg PSI di Palembang Beda Pilihan; Dukung Ganjar-Mahfud

DPW PSI Sumsel klaim tetap solid

Intinya Sih...

  • Caleg PSI Dapil 5 Palembang, Solbian Aguscik, mendukung pasangan Ganjar-Mahfud (Gama) dan siap keluar dari partai untuk bergabung dengan PDI Perjuangan.
  • Solbian menjadi ketua relawan Dukung Aja Ganjar (DAG) dan sudah menyampaikan keputusan mundur sebagai caleg dan anggota PSI di Sekretariat Relawan DAG.
  • Sekretaris DPW PSI Sumsel membenarkan sikap Solbian, meski pihaknya sudah memutuskan mendukung Prabowo-Gibran, dan mengklaim seluruh kader tetap solid dengan keputusan DPP PSI.

Palembang, IDN Times - Seorang Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bernama Solbian Aguscik dari Dapil 5 DPRD Palembang nomor urut 2, mengambil sikap berseberangan dari partai yang mengusung dirinya. Solbian memilih mendukung Ganjar-Mahfud (Gama) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Solbian mengaku keputusan untuk mendukung pasangan Gama sudah dipikirkan matang-matang. Meski masih tercatat sebagai kader PSI, dirinya mengaku siap keluar dari partai untuk berlabuh di PDI Perjuangan.

"Saya ini sudah lama mendukung Ganjar-Mahfud itu sebagai relawan sebelum penetapan oleh KPU, dan saat itu PSI juga mendukung Ganjar sebelum beralih ke Prabowo," ungkap Solbian, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga: Kampus IBA Palembang Keluarkan Petisi, Prihatin Perilaku Presiden

1. Solbian akui dirinya sudah sampaikan mundur dari PSI

Caleg PSI di Palembang Beda Pilihan; Dukung Ganjar-MahfudKetum PSI Kaesang Pangarep kampanye akbar di Lampung Selatan, Jumat (2/2/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Solbian pun bergabung dan menjadi ketua relawan Dukung Aja Ganjar (DAG). Keputusan mendukung Ganjar pun sudah disampaikan yang bersangkutan di Sekretariat Relawan DAG untuk mengundurkan diri sebagai caleg dan anggota PSI.

"Soal mundur itu awalnya setelah Pileg, dan karena sudah sebagai Caleg ya jalan saja, paling nanti kita tahu tidak dilantik. Pastinya alasan saya ini karena keyakinan yang cocok memimpin itu Ganjar Pranowo dibanding yang lain," jelas dia.

Baca Juga: Gegara Debat Capres, Seorang Anak di Palembang Aniaya Orangtua

2. Solbian sudah diingatkan DPW agar tak tunjukan sikap berbeda

Caleg PSI di Palembang Beda Pilihan; Dukung Ganjar-MahfudKetua Umum PSI, Kaesang Pangarep saat sesi foto bersama calon legislatif PSI Kepri (IDN Times / Putra Gema Pamungkas)

Menanggapi pernyataan kadernya, Sekretaris DPW PSI Sumsel, Hairil Anwar Moerni, membenarkan hal tersebut meski secara kepartaian pihaknya sudah memutuskan mendukung Prabowo-Gibran.

"Iya dia (Solbian) caleg PSI kota Dapil 5. Pastinya kalau sikap partai sendiri kita memang ada aturan, artinya tegak lurus dengan DPP. Kalau soal pilihan ya terserah, tapi kalau show seperti itu pasti ada sanksi, tapi nanti, karena sekarang kita biarkan dulu," jelas Hairil.

Hairil menyebut, jika Solbian sudah beberapa kali dipanggil oleh DPW PSI untuk diperingatkan. Beberapa kali pertemuan yang bersangkutan diminta tak mengeluarkan pernyataan.

"Pernyataannya di depan dan di belakang kita beda. Pastinya saat ini kita tetap solid. Jadi, boleh saja pilihan si A atau si B tapi jangan show, jangan mencolok begitu," jelas dia.

3. DPW sebut hanya satu kader yang melenceng

Caleg PSI di Palembang Beda Pilihan; Dukung Ganjar-MahfudCapres nomor urut dua, Prabowo Subianto melambaikan tangan setelah memakai jaket merah merona yang menjadi ciri khas PSI. (IDN Times/Dok PSI (

Hairil mengatakan, pihaknya baru menemukan satu kasus kader yabg berseberangan dengan partai. Dia pun mengklaim, seluruh kader tegak lurus ikut keputusan DPP PSI.

"Setahu aku baru itulah belum ada yang lain, kalau Toni sudah dipecat sebagai Ketua dan kader PSI Palembang," tutup dia.

Baca Juga: Rektor Unsri Tegaskan Tak Ada Deklarasi Kebangsaan: Jaga Keharmonisan

Topik:

Berita Terkini Lainnya