Caleg Golkar Laporkan Rekan Sesama Caleg Penggelembungan Suara

Suara Deni tergerus penggelembungan suara oleh rekannya

Intinya Sih...

  • Caleg Dapil II Palembang melaporkan dugaan penggelembungan suara ke Bawaslu.
  • Dugaan penggelembungan suara terjadi di Kecamatan Alang-Alang Lebar, menguntungkan rekannya dan merugikan Deni.
  • Deni yang awalnya yakin lolos dengan suara kedua terbanyak dari Golkar, kini berharap Bawaslu melakukan penghitungan ulang.

Palembang, IDN Times - Seorang caleg Dapil II Palembang bernama M Deni Hegar mendatangi kantor Bawaslu untuk melaporkan rekannya sesama caleg Partai Golongan Karya (Golkar) berinisial RI. Deni merasa dirugikan karena dugaan penggelembungan suara yang menguntungkan rekannya.

"Kami melaporkan bahwa ada penggelembungan suara di Kecamatan Alang-Alang Lebar. Ada beberapa TPS yang suara caleg menggelembung," ungkap Deni, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: Temukan Dugaan Penggelembungan, KPU Palembang Ambil Alih Hitung Suara

1. Ada dugaan penggelembungan suara

Caleg Golkar Laporkan Rekan Sesama Caleg Penggelembungan SuaraHasil hitung suara legislatif DPR RI 2024. (pemilu2024.kpu.go.id)

Deni menjelaskan, pihaknya mendapat informasi dugaan penggelembungan suara secara masif yang membuat suara dirinya tergerus. Ia sempat mencocokan data D1 di tingkat PPK dengan hasil C1 plano di tingkat KPPS.

"Kami cocokan memang berubah, mengambil suara partai dan caleg. Angkanya di setiap TPS berubah, tambah 2, tambah 3, suara partai dan caleg berkurang. Jadi ada sekitar 170 suara caleg yang digelembungkan," jelas dia.

Baca Juga: Caleg PAN Peraih Suara Terbanyak di PALI Tutup Usia Sebelum Dilantik

2. Suara Deni tergeser dari peringkat kedua

Caleg Golkar Laporkan Rekan Sesama Caleg Penggelembungan SuaraPemilih disabilitas di Palembang menyalurkan suaranya di TPS 37 (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebelumnya, Deni sudah yakin meraih suara kedua terbanyak dari Partai Golkar dan berkemungkinan besar lolos. Dirinya meraih 5.419 suara dalam pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Deni diketahui meraih 2.485 suara di Sukarami, Alang-Alang Lebar 2.471 suara, dan Kemuning 463 suara.

Ia berada di peringkat kedua suara terbanyak dari Golkar yang dipimpin caleg nomor 4 Muhammad Asywat dengan 5.756 suara.

"Sehingga saya yang berada pada peringkat kedua kemungkinan tergeser dan dirugikan dengan adanya penggelembungan suara ini," jelas dia.

3. Berharap Bawaslu beri rekomendasi penghitungan suara

Deni pun berharap Bawaslu Palembang segera mendalami laporan tersebut untuk mencegah penggelembungan suara. Dirinya berharap Bawaslu mengeluarkan rekomendasi untuk penghitungan suara ulang.

"Siapa yang bertanggung jawab dengan penggelembungan suara ini? Apakah PPK apa PPS atau operator terkait? Mohon diperiksa agar sesuai pleno, bukan sesuai suara kecurangan," tutup dia.

Baca Juga: Bawaslu Sumsel Ikut Awasi Hitung Suara Ulang oleh KPU Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya