BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Raih Paritrana Award

BPJS TK Muara Enim dinilai tertib administrasi dan data

Intinya Sih...

  • BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim mendapatkan penghargaan Paritrana Award 2024 dari Presiden RI.
  • Penghargaan diberikan atas keaktifan dalam implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.
  • Penghargaan juga diberikan kepada perusahaan dan instansi yang memiliki komitmen melindungi pekerja, termasuk Kabupaten Musi Rawas dan OKU Selatan.

Palembang, IDN Times - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Muara Enim mendapatkan piagam penghargaan Paritrana Award 2024.

Penghargaan tersebut diberikan Presiden Ri dan diselengarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, sebagai hasil penilaian atas kinerja pelayanan lembaga publik, badan, hingga pelaku usaha yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kita bersyukur mendapat penghargaan ini sebagai bagian dari komitmen BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik," ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim, Ruszian Dedy, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: Prabowo Jamin Perlindungan Perempuan: Kita Harus Tegakkan Hukum!

1. Penilaian berdasarkan dua pertimbangan

BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Raih Paritrana AwardMenko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan santuan BPJS Ketenagakerjaan di Belawan (Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan santuan BPJS Ketenagakerjaan di Belawan (IDN Times/Doni Hermawan)

Ruszian menjelaskan, seleksi penilaian penerima Paritrana Award Tahun 2024 Tingkat Sumsel diadakan di Aryaduta Hotel Palembang pada 21 Februari 2024.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan keaktifan dalam mengimplementasikan Instruksi Presiden nomor 02 tahun 2021, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Selain itu juga penghargaan ini diberikan bagi instansi yang berperan dalam menjalankan Instruksi Presiden nomor 04 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Esktrem," jelas dia.

Baca Juga: BPJS Kesehatan: 626 Ribu Petugas Pemilu 2024 Akses Layanan JKN

2. Paritrana Award sebagai komitmen lindungi pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Raih Paritrana AwardMenko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan santuan BPJS Ketenagakerjaan di Belawan (Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan santuan BPJS Ketenagakerjaan di Belawan (IDN Times/Doni Hermawan)

Tak hanya BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim, penghargaan tersebut diberikan juga kepada beberapa perusahaan dan instansi serta badan pemerintah yang dinilai memiliki komitmen melindungi pekerja.

"Syarat menerima Paritrana Award untuk perusahaan yaitu tertib administrasi pelaporan data yang sebenarnya dan tertib pembayaran iuran, seluruh ekosistem supply chain sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ungkap dia.

3. Beberapa perusahaan dan daerah dapat penghargaan Paritrana Award

BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Raih Paritrana AwardPj Bupati PPU, Makmur Marbun serahkan secara simbolis kartu BPJS ketenagakerjaan bagi pekerja rentan (IDN Times/Ervan)

Paritrana Award juga dibagi menjadi beberapa kategori penghargaan. Untuk sektor keuangan penghargaan ini diberikan kepada BPR Gerbang Serasan. Lalu kategori Perusahaan Penyedia Jasa yaitu Satria Bahana Sarana. Kategori Perusahaan Perkebunan yaitu PT Bumi Sawindo Permai.

Selanjutnya, Kategori Perusahaan Manufaktur yaitu PT Tanjung Enim Lestari dan untuk kategori Kabupaten yaitu, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

"Piagam ini diberikan atas partisipasi aktif perusahaan dalam menyalurkan corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerjaan rentan di lingkungan sekitar perusahaan," tutup dia.

Baca Juga: Cerita Rony, Akui Pelayanan BPJS Kesehatan Semakin Ramah dan Mudah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya