Begini Harapan Eddy Santana dan Herman Deru Soal Pengundian Nomor Urut

Berebut hoki pada nomor urut

Intinya Sih...

  • KPU Sumsel akan mengundi nomor pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel hari ini pukul 19.30 WIB.
  • Eddy Santana Putra berharap bisa mendapatkan nomor tiga dalam pengundian nanti karena nomor tiga merupakan nomor PDI Perjuangan.
  • Herman Deru mengaku tak ambil pusing dengan nomor yang akan didapat, baginya semua nomor sama saja, tinggal bagaimana nomor tersebut dimaksimalkan menjadi nomor kemenangan.

Palembang, IDN Times - KPU Sumsel akan melaksanakan pengundian nomor pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel hari ini pukul 19.30 WIB. Nomor tersebut akan melekat kepada pasangan calon selama kontestasi berlangsung. 

Nomor itu, juga yang nantinya akan menjadi ciri khas masing-masing paslon dalam berkampanye pada 25 September-23 November 2024. Berikut tanggapan dari masing-masing pasangan calon dirangkum IDN Times, mengenai harapan terkait nomor urut yang akan didapat.

Baca Juga: KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2024 Sumsel 6.382.739 Pemilih

1. Eddy Ingin nomor 3 agar sama dengan PDIP

Begini Harapan Eddy Santana dan Herman Deru Soal Pengundian Nomor UrutCagub Sumsel Eddy Santana Putra (IDN Times/Rangga Erfizal)

Mantan Wali Kota Palembang 2003-2013 Eddy Santana Putra mengakui tak ambil pusing terkait nomor urut akan diundi malam ini. Menurutnya, nomor berapa saja sama baiknya tergantung bagaimana cara memaknai nomor tersebut.

"Bagi saya semua nomor itu bagus. Jadi saya kepenginnya kan nomor sembilan (nomor keberuntungan). Jadi mau satu juga oke, dua ditengah juga tidak masalah apa lagi tiga," ungkap Eddy Santana Putra, Senin (23/9/2024).

Eddy mengatakan, pemilihan kepala daerah hanya memunculkan tiga calon yang artinya, hanya ada tiga nomor yang akan diundi. Dirinya berharap bisa mendapatkan nomor tiga dalam pengundian nanti.

"Tiga lebih bagus karena nomor tiga itu nomor PDI Perjuangan," ungkap Eddy.

2. Herman Deru berharap dapat nomor cantik

Begini Harapan Eddy Santana dan Herman Deru Soal Pengundian Nomor UrutHerman Deru-Mawardi Yahya (Dok; Humas Pemprov Sumsel)

Senada, Petahana Herman Deru mengaku tak ambil pusing dengan nomor yang akan didapat. Baginya semua nomor sama saja, tinggal bagaimana nomor tersebut dimaksimalkan menjadi nomor kemenangan.

"Kita berharap apapun nomor yang kita dapat adalah nomor cantik dan nomor hoki untuk kemenangan Herman Deru-Cik Ujang (HDCU)," jelas dia.

3. KPU Sumsel batasi pendukung hadir dalam pengundian nomor urut

Begini Harapan Eddy Santana dan Herman Deru Soal Pengundian Nomor UrutKPU Sumsel mengumumkan hasil pleno penetapan kepala daerah (Dok: KPU Sumsel)

KPU Sumsel, akan mengundi nomor urut calon kepala daerah usai penetapkan pasangan calon (Paslon), Minggu (22/9/2024). Pengundian tersebut akan dilakukan di kantor KPU hari ini pada pukul 19.30 WIB.

"Pengundian nomor calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel akan dilakukan malam ini di kantor KPU," ujar Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya.

Dalam aturan pengundian nomor urut tersebut, KPU Sumsel membatasi kehadiran relawan dan pendukung masing-masing calon sebanyak 52 orang untuk masuk ke dalam ruang undian. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketertiban dan mengelola kapasitas kantor KPU.

"Setiap paslon hanya boleh membawa 52 orang termasuk paslon yang akan masuk ke dalam ruangan pengundian di lantai 2 gedung KPU Sumsel," jelas dia.

Sedangkan untuk pendukung lainnya hanya boleh mengisi halaman KPU sebanyak 100 orang per paslon. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga keteriban saat proses pengundian berlangsung.

"Soal rencana pawai menuju KPU Sumsel kami mengimbau agar paslon berkoordinasi dengan aparat guna memastikan kelancaran dan ketertiban," jelas dia.

Baca Juga: KPU Tetapkan 3 Pasangan Calon Gubernur Sumsel Pilkada 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya