Bayi di Palembang Ini Sempat Nangis saat tergiling Dalam Mesin Cuci

Asisten Rumah Tangga bunuh anak yang baru berusia satu hari

Palembang, IDN Times - Warga Palembang kembali digegerkan dengan penemuan bayi yang ditemukan dalam mesin cuci, di Jalan Telaga nomor 9 RT 41 RW 14 kelurahan Ilir Barat I Palembang.

Dari beberapa keterangan yang di himpun IDN Times dari di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, ternyata bayi itu merupakan anak dari asisten rumah tangga bernama Sutinah. Pada minggu (4/11) siang sekitar pukul 11.00 WIB, Sutinah mengunci diri di dalam kamar mandi.

Kemudian, asisten rumah tangga yang lain, Sulastri, sempat curiga melihat Sutinah yang tidak keluar dari kamar mandi. Sulastri sempat bertanya pada Sutinah yang lagi di kamar mandi, namun hanya di jawab bila pelaku tengah sakit perut.

Tidak lama usai keluar dari kamar mandi, Sutinah berganti pakaian dan naik ke lantai dua rumah tersebut. Asisten rumah tangga yang lain, Dedek Wulandari, mendengar suara tangisan bayi yang menangis dari dalam kamar mandi. Setelah dicari, Dedek menemukan bayi laki-laki terbungkus kantong plastik dengan balutan handuk tergolek lemas dalam mesin cuci yang hidup. 

Mendapati bayi di kamar mandi pucat seperti orang sakit dan langsung berinisiatif membawa korban ke Rumah Sakit Siloam Sriwijaya. Namun saat dilakukan perawatan nyawa bayi tersebut tidak dapat diselamatkan. Selanjutnya pihak kepolisian membawa bayi itu ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk dilakukan visum. 

"Bayi itu baru berusia satu hari. Dilahirkan dalam keadaan normal, karena memang sudah waktunya melahirkan," ujar dokter forensik rumah sakit Bhayangkara Palembang, dr Indra Sakti Nasution, Senin (5/10).

Pihak rumah sakit menemukan lecet dibagian luar dari tubuh bayi, seperti di leher dan atas bibir. Diperkirakan bayi tersebut dilahirkan sendiri oleh pelaku tanpa bantuan dokter.

"Dari hasil visum luar, bayi hanya mengalami luka lecet di bibir dan leher. Dugaan kita pelaku (ibu korban) melakukan persalinan normal. Dari penyidik kita mengetahui sebenarnya setelah pelaku melahirkan, bayi tersebut ditaruh di mesin cuci. Rumah sakit hanya memeriksa bagian luar saja," jelas dia.

Polisi saat ini tengah menyelidiki penemuan bayi tersebut dan sudah mengamankan pelaku untuk diselidiki lebih jauh.

"Saya gak tau, baru kerja di sini 3 bulan. Pemilik rumah juga sedang di Jakarta," ujar asisten rumah tangga yang enggan namanya disebutkan.

Baca Juga: Mahasiswi Universitas PGRI Palembang Ditemukan Tewas di Sungai Musi

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya