Bawaslu Sumsel Petakan Kondisi Kerawanan Pilkada Serentak

Sosialisasi jadi cara bawaslu libatkan partisipatif warga

Intinya Sih...

  • Bawaslu Sumsel merumuskan strategi pengawasan menjelang Pilkada Serentak 2024 untuk mengatasi kerawanan pemilu.
  • Pemahaman pendidikan politik diberikan ke masyarakat, dilakukan sosialisasi partisipatif agar masyarakat dapat turut serta mengawasi pemilu.
  • Bawaslu juga membangun koordinasi dengan pemangku kepentingan dan akan mengawasi setiap tahapan pemilu secara intensif.

Palembang, IDN Times - Bawaslu Sumsel merumuskan strategi pengawasan menjelang Pilkada Serentak 2024. Hal ini dilakukan sebagai strategi dalam mengatasi kerawanan pemilu.

"Saat ini Bawaslu Sumsel tengah mengidentifikasi kerawanan pemilu, untuk menentukan metode pencegahan menggunakan Indeks Kerawanan Pemilihan (IKP)," ungkap Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga: PSU Lahat Ricuh, Simpatisan Golkar Protes Merasa Dicurangi

1. Libatkan sosialisasi ke masyarakat

Bawaslu Sumsel Petakan Kondisi Kerawanan Pilkada SerentakIlustrasi petugas pemungutan suara (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kurniawan menjelaskan jika pemahaman pendidikan politik yang baik harus diberikan ke masyarakat, agar kesadaran politik dan pengetahuan akan kepemiluan meningkat.

Pihaknya pun melakukan sejumlah sosialisasi partisipatif dengan harapan masyarakat dapat turut serta mengawasi pemilu.

"Kerja-kerja pengawasan diharapkan juga dilakukan masyarakat sebab kami tidak dapat bekerja sendiri. Kami butuh bantuan banyak pihak," jelas dia.

Baca Juga: Herman Deru Minta Relawan HD-CU Jangan Serang Kandidat Lain

2. Lakukan koordinasi dengan media

Bawaslu Sumsel Petakan Kondisi Kerawanan Pilkada SerentakPemilu 2024 pilpres dan calon legislatif di Banjarmasin.

Selain fokus pada pemahaman masyarakat, pihaknya juga turut membangun koordinasi dengan pemangku kepentingan seperti pemda, lembaga, organisasi masyarakat, kelompok perempuan dan media.

"Kerja sama antar lembaga dilakukan untuk ikut dalam pengawasan pemilu yang partisipatif," jelas dia.

3. Bawaslu akan awasi parpol dan KPU

Bawaslu Sumsel Petakan Kondisi Kerawanan Pilkada SerentakIlustrasi pemungutan suara Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kedepan, Bawaslu akan mengawasi setiap tahapan pemilu secara intensif. Mereka juga akan memberikan imbauan, saran dan perbaikan ke Partai Politik, dan KPU.

Baca Juga: Ratu Dewa Ungkap Kriteria Pasangan di Pilwako Palembang 2024

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya