Bawaslu Sumsel Minta Identitas KPPS Diperiksa Sebelum Pencoblosan

Pemeriksaan identitas KPPS demi menghindari joki di TPS

Palembang, IDN Times - Ketua Badan Pengawas Pemilu Sumatra Selatan (Bawaslu Sumsel), Kurniawan, meminta adanya pengawasan terhadap identitas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mencegah joki dalam pelaksanaan tugas-tugas KPPS.

Menurutnya, tugas pengawasan akan diberikan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Mereka diharapkan memeriksa identitas setiap petugas KPPS sebelum pencoblosan dimulai.

"Petugas PTPS harus mengecek identitas petugas KPPS, dan SK KPPS itu juga wajib ditempelkan. Identitas itu harus dicocokan dengan KTP-nya," ungkap Kurniawan, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga: Cara Cek Lokasi TPS Pemilu 2024 dan Syarat Memilih

1. TPS tak boleh dibuka sebelum pukul 07.00 WIB

Bawaslu Sumsel Minta Identitas KPPS Diperiksa Sebelum PencoblosanPekerja mengangkat kotak suara berisi logistik Pemilu 2024 ke atas truk di gudang logistik milik KPU Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/2/2024). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

PTPS memiliki peran untuk memastikan kondisi di TPS pada hari pencoblosan tak ada kecurangan dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Selain itu dalam aturan yang ditetapkan, TPS tidak boleh dibuka sebelum pukul 07.00 WIB.

"Bila petugas KPPS yang mungkin sakit, PTPS dapat memberikan bantuan sehingga pemilihan berjalan lancar," jelas dia.

Baca Juga: Cara Nyoblos Surat Suara Pemilu 2024, Pemula Gak Perlu Bingung

2. Warga boleh memilih tanpa undangan

Bawaslu Sumsel Minta Identitas KPPS Diperiksa Sebelum PencoblosanPekerja mengangkat kotak suara berisi logistik Pemilu 2024 ke atas truk di gudang logistik milik KPU Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/2/2024). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kurniawan menambahkan, masyarakat yang tidak memiliki surat undangan tetap dapat menyalurkan pilihannya dengan membawa e-KTP dan ditunjukan ke petugas TPS. Untuk pemilih di atas pukul 11.00 WIB akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Pemilih juga harus mencelupkan jari ke tinta agar tidak mencoblos dua kali," jelas dia.

3. Masyarakat diajak jalankan pemilu adil

Bawaslu Sumsel Minta Identitas KPPS Diperiksa Sebelum PencoblosanLogistik pemilu saat didistribusikan ke PPK (IDN Times/Ruhaili)

Kurniawan pun berharap masyarakat Sumsel bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu Rabu mendatang, dan memastikan pemilu berjalan dengan lancar.

"Kita berharap masyarakat di Sumsel dapat berpartisipasi aktif dalam pemilihan dengan memastikan proses berjalan adil, transparan, dan tanpa kecurangan," tutup dia.

Baca Juga: Asyik, Honor Petugas Satlinmas Pemilu 2024 Naik Jadi Rp125 Ribu

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya