Bandara SMB II Palembang Prediksi Penumpang Lebaran Naik 3 Persen

Jumlah pergerakan pesawat dari dan ke Palembang melonjak

Intinya Sih...

  • Jumlah penumpang di Bandara SMB II Palembang diprediksi akan mencapai 152.229 orang, naik 3 persen dari tahun sebelumnya.
  • Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran dengan

Palembang, IDN Times - Exevutive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, R Iwan Winaya Mahdar, memprediksi ada 152.229 orang penumpang yang akan memadati bandara di momen mudik lebaran 2024.

Jumlah tersebut diyakini naik tiga persen dari jumlah masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara saat lebaran  tahun sebelumnya.

"Jumlah itu naik dibanding angkutan tahun 2023 silam," jelas Iwan, Jumat (29/3/2024).

Baca Juga: Bandara SMB II Diminta Buka Lagi Penerbangan Langsung ke Negara ASEAN

1. Puncak arus mudik H-3 dan H+3 lebaran

Bandara SMB II Palembang Prediksi Penumpang Lebaran Naik 3 PersenIlustrasi penumpang pesawat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Iwan menjelaskan, puncak arus mudik di Bandara SMB II Palembang diprediksi terjadi pada H-3 lebaran atau 7 April 2024 dengan 11.200 penumpang sehari. Sedangkan untuk arus balik diprediksi akan terjadi H+3 atau 14 April 2024 mendatang.

"Saat arus mudik diperkirakan ada 67 pergerakan pesawat dalam satu hari. Sedangkan arus balik sekitar 60 pergerakan pesawat," jelas dia

Baca Juga: Penumpang Bandara SMB II Palembang Naik 9 Ribu Orang Saat Imlek

2. Maskapai ajukan penerbangan tambahan

Bandara SMB II Palembang Prediksi Penumpang Lebaran Naik 3 PersenPenerbangan maskapai di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Instagram Airport SMB II)

Menyambut lebaran mendatang, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna angkutan lebaran pesawat. Dari sisi fasilitas udara, terminal, dan transportasi antar moda, semuanya dipastikan sangat siap melayani Angkutan Lebaran 2024.

"Maskapai telah mengajukan extra flight untuk penerbangan Palembang – Batam dan Palembang – Soekarno Hatta. Hal ini menunjukkan bahwa maskapai telah menyiapkan armada sedemikian rupa, untuk memudahkan para pengguna jasa bandara yang datang dan berangkat dari Bandara SMB II Palembang," jelas dia.

3. Penumpang diminta datang ke bandara lebih cepat

Bandara SMB II Palembang Prediksi Penumpang Lebaran Naik 3 Persenilustrasi penerbangan (unsplash.com/alexey starki)

Pihaknya mengimbau para pengguna jasa bandara yang mengikuti kegiatan Angkutan Lebaran 2024 untuk istirahat cukup, menyiapkan kartu identitas diri sebelum ke bandara, memastikan tiket sudah tersedia, dan tiba di bandara paling lambat 1,5 – 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Hal ini dilakukan untuk terhindar dari antrean dan dapat menikmati kenyamanan Bandara SMB II Palembang," tutup dia.

Baca Juga: Penumpang Bandara SMB II Palembang Bakal Naik 3 Persen saat Lebaran

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya