Avsec Bandara SMB II Palembang Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal 

Rencananya 348 slop rokok ilegal dikirim ke Jawa dan NTB

Intinya Sih...

  • Petugas Avsec Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menggagalkan penyelundupan 348 slop rokok ilegal berbagai merek.
  • Rokok ilegal tersebut akan diselundupkan lewat jalur udara melalui kargo dan diduga akan dibawa ke Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat (NTB).
  • Petugas akan melakukan koordinasi lintas instansi untuk mengungkap pelaku pengiriman, serta memperketat pengamanan di terminal Kargo Bandara SMB II Palembang.

Palembang, IDN Times - Petugas Avsec Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mengagalkan penyelundupan ratusan jenis rokok ilegal beragam merek. Ratusan rokok tersebut dikemas berbentuk paket yang dibalut plastik hitam dan terdeteksi mesin X-Ray.

"Saat bungkusan paket rokok melewati mesin X-Ray, petugas Avsec curiga dengan ratusan kotak paket, tertera tulisan paket sepatu," ungkap Danlanud Sri Mulyono Herlambang di Palembang, Kol Pnb Rizaldy, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan 50.616 Benih Lobster

1. Rokok hendak diselundupkan lewat udara

Avsec Bandara SMB II Palembang Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal Ratusan slop rokok ilegal tanpa izin edar dan cukai diamankan di Terminal Cargo Bandara SMB II Palembang (Dok: istimewa)

Rizaldy menerangkan, rokok ilegal tersebut coba diselundupkan lewat jalur udara melalui kargo. Diduga rokok-rokok tersebut akan dibawa dan diedarkan di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Rokok ilegal ini berasal dari Palembang dan akan dikirim paling banyak itu ke NTB," kata Rizaldy.

Baca Juga: Mesin Harley Bodong Gagal Diselundupkan Lewat Sumsel ke Jakarta

2. Petugas baru pertama kali temukan rokok ilegal dikirim lewat udara

Avsec Bandara SMB II Palembang Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal Ratusan slop rokok ilegal tanpa izin edar dan cukai diamankan di Terminal Cargo Bandara SMB II Palembang (Dok: istimewa)

Total rokok ilegal yang disita petugas mencapai 348 slop. Rokok yang disita tersebut tak memiliki izin edar dan cukai.

"Ini pertama kali petugas bandara menemukan rokok ilegal. Mungkin pelaku baru kali ini mengirim barang ilegal tersebut," jelas Rizaldy.

3. Minta masyarakat turut cegah peredaran rokok ilegal

Avsec Bandara SMB II Palembang Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal ilustrasi rokok (pexels.com/Basil MK)

Dari temuan ini, Rizaldy bakal segera melakukan koordinasi lintas intansi untuk mengungkap siapa pelaku pengiriman. Pihaknya akan memperketat pengamanan di terminal Kargo Bandara SMB II Palembang.

"Selain itu, kami akan memperketat dan tentunya pihak Bea Cukai juga punya langkah-langkah komprehensif. Kami juga butuh dukungan dari masyarakat untuk mencegah kerugian negara," tutup dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Ungkap Penyelundupan 517.000 Benur Terbesar di Indonesia 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya