Arus Balik Perum Damri Palembang Prediksi Ada Lonjakan Penumpang

Penumpang mayoritas berasal dari Bangka Belitung

Intinya Sih...

  • Perum Damri Palembang memprediksi 1.500 pemudik akan melakukan perjalanan arus balik, meningkat dari arus mudik sebelumnya.
  • Mayoritas penumpang bus Damri berasal dari Bangka Belitung, menyebabkan lonjakan penumpang saat arus balik.
  • Meskipun peningkatan penumpang, pihak Damri tidak menambah armada, namun harga tiket trayek antar provinsi mengalami kenaikan 30 persen.

Palembang, IDN Times - Perum Damri Palembang memprediksi ada 1.500 pemudik akan melakukan perjalanan arus balik. Jumlah itu diperkirakan meningkat dibanding arus mudik beberapa waktu lalu.

"Kami memperkirakan jumlah penumpang Damri Palembang sebanyak 1.500 orang pada H+3 lebaran," kata Manajer Operasional Perum Damri Palembang Muhajir, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: BPK Rampungkan  Pemeriksaan Mobil Milik Pemprov Sumsel Setelah Lebaran

1. Pemudik dari Babel mendominasi arus balik

Arus Balik Perum Damri Palembang Prediksi Ada Lonjakan PenumpangManajer Operasional Perum Damri Palembang Muhajir (Dok: istimewa)

Pada hari normal, jumlah penumpang yang berpergian naik bus Damri sekitar 1.200 orang. Adapun mayoritas penumpang diketahui berasal dari Bangka Belitung.

"Rata-rata pemudik yang datang ke Sumsel itu berasal dari Babel. Sehingga, pada saat arus balik pasti akan ada lonjakan penumpang," jelas Muhajir.

2. Ada 40 unit bus Damri disiapkan

Arus Balik Perum Damri Palembang Prediksi Ada Lonjakan PenumpangIlustrasi membeli tiket bus di Damri Apps (damri.co.id)

Muhajir menerangkan, peningkatan penumpang Damri pada masa mudik lebaran tak membuat pihak Damri menambah unit armada untuk mengangkut penumpang. Total ada 40 unit sudah disiapkan sejak sebelum lebaran.

"Jumlah tersebut cukup mengangkut para penumpang meskipun mengalami peningkatan," ujar dia.

3. Tarif bus damri naik

Arus Balik Perum Damri Palembang Prediksi Ada Lonjakan PenumpangDamri Apps (play.google.com/DAMRI Apps)

Trayek antar provinsi mengalami kenaikan 30 persen dari tanggal 5-14 April 2024 mendatang. Adapun harga trayek yang naik tersebut sebelumnya Rp355.000 menjadi Rp460.000.

"Namun, pada tanggal 15-23 April 2024, harga tiket akan turun menjadi 15 persen, sehingga untuk harga tiket trayek Palembang-Jakarta itu menjadi Rp405.000 pada tanggal tersebut," ujar Muhajir. 

Baca Juga: Resep Kue Maksuba, Sajian Khas Palembang Selama Bulan Syawal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya