AJI Palembang  Gelar Festival Media Perkuat Hubungan Jurnalis Sumsel

Jurnalis di Sumsel akan tampilkan karya jurnalistik terbaik

Intinya Sih...

  • Festival Media (Fesmed) digelar oleh AJI Kota Palembang sebagai wadah berbagi pengalaman dan pembelajaran bagi jurnalis di Sumsel dari berbagai platform.
  • Tema Kolaborasi Menjaga Independensi diharapkan dapat memperkuat kapasitas dan kualitas jurnalis di Sumsel, dengan adanya sharing session dari praktisi jurnalis multiplatform.
  • Fesmed 2023 merupakan pertemuan antara masyarakat dan jurnalisme secara luas, melibatkan fotografer pemenang World Press Photo dan memamerkan karya jurnalistik dari berbagai media.

Palembang, IDN Times - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palembang akan menggelar Festival Media (Fesmed). Kegiatan itu menjadi wadah bagi jurnalis di Sumsel untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran bagi sesama jurnalis dari segala lini platform. Kegiatan ini akan diadakan di Utopia Collaboration Space, Jalan POM IX Kampus, Sabtu (16/12/2023).

Mengangkat tema Kolaborasi Menjaga Independensi, Fesmed 2023 diharapkan menjadi bagian dari upaya penguatan kapasitas dan kualitas jurnalis di Sumsel.

"Nanti akan ada sharing session dari praktisi jurnalis dan wartawan multiplatform di Sumsel. Mulai dari radio, foto, sampai video," ungkap Ketua AJI Palembang, Fajar Wiko, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: AJI Bandar Lampung Kecam Pelecehan Seksual di UKPM Teknokra Unila

1. Komitmen AJI mendukung iklim jurnalis yang baik

AJI Palembang  Gelar Festival Media Perkuat Hubungan Jurnalis SumselAJI Palembang bersama Jurnalis Multiplatform di Sumsel menyelenggarakan Festival Media 2023 (Dok: istimewa)

AJI Palembang berkomitmen bersama organisasi jurnalis di Sumsel untuk melakukan kerja bersama dalam mendukung iklim jurnalisme yang baik. Hal ini tidak terlepas dari peran media sebagai bagian dari penjaga demokrasi di Indonesia.

"Sejumlah organisasi profesi jurnalis dan penyiar ikut terlibat dalam acara ini. Ada pula pegiat seni hingga organisasi yang concern dengan masalah transisi energi," tambah Wiko.

Baca Juga: Kasus Nurhadi Tuntas, AJI: Semoga Tak Ada Kekerasan Jurnalis Lagi

2. Karya-karya jurnalis di Sumsel akan ditampilkan

AJI Palembang  Gelar Festival Media Perkuat Hubungan Jurnalis SumselKetua AJI Palembang Fajar Wiko (Dok: istimewa)

Momentum Fesmed 2023 tersebut akan menjadi pertemuan antara masyarakat dan jurnalisme secara luas, karena tidak hanya terbatas bagi jurnalis dan wartawan di Sumsel tetapi terbuka untuk umum.

Salah satunya adalah sharing session dari fotografer, Abriansyah Liberto, yang berhasil memenangkan penghargaan prestisius dari World Press Photo pada 2022 lalu.

"Kawan-kawan jurnalis di Sumsel juga akan memamerkan hasil karya jurnalistiknya, sehingga masyarakat pun dapat melihat hasil kerja-kerja jurnalis baik lewat foto, televisi, radio, dan lainnya," jelas dia.

3. AJI Palembang juga sosialisasikan Kongres AJI

AJI Palembang  Gelar Festival Media Perkuat Hubungan Jurnalis SumselPeringatan hari kebebasan pers se-dunia dilakukan Alinasi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palembang bersama ratusan jurnalis, organisasi jurnalis, dan LPM Mahasiswa di Simpang Lima DPRD Sumsel (Dok: AJI Palembang)

Fesmed AJI Palembang 2023 merupakan festival media pertama yang digelar secara kolaboratif antar jurnalis dan wartawan di Sumsel. Kegiatan semacam ini rencananya akan digelar secara rutin setiap tahun.

Sebagai informasi, Fesmed ini juga menjadi bagian dari sosialisasi Kongres AJI Indonesia yang akan digelar di Palembang pada 2024 mendatang.

Kongres AJI Indonesia merupakan mekanisme pengambilan keputusan tertinggi di organisasi jurnalis yang menjadi konstituen dewan pers dalam tiga tahun sekali.

Narahubung:
Rangga 081249981139
Andiko 085658601014
Informasi lebih lanjut:
instagram @aji_palembang

Baca Juga: Akun Medsos Diretas, AJI Indonesia Lapor ke Polda Metro

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya