Airlangga Hartanto: Karhutla Rugikan Negara Puluhan Miliar Setahun

Penanganan karhutla diminta diselesaikan sebelum membesar

Intinya Sih...

  • Menteri Koodinator Perekonomian, Airlangga Hartanto, meminta stakeholder Sumsel mengantisipasi karhutla karena kerugian mencapai puluhan miliar.
  • Kerugian akibat karhutla harus ditekan agar tidak menjadi beban negara dan anggaran dialokasikan ke sektor lain yang berdampak pada masyarakat.
  • Pihak korporasi dengan HGU diminta ikut andil dalam pencegahan karhutla di Sumsel untuk mencari solusi permanen.

Palembang, IDN Times - Menteri Koodinator Perekonomian, Airlangga Hartanto, meminta kepada seluruh unsur stakeholder di Sumsel untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pasalnya, Kemenko Perekonomian mencatat jumlah kerugian akibat karhutla mencapai puluhan miliar.

"Untuk di seluruh Indonesia l, karhutla menyebabkan kerugian mencapai Rp42,7 miliar. Sedangkan untuk di OKI pada 2022 tercatat kerugian akibat karhutla mencapai Rp11,4 miliar," ungkap Airlangga usai pimpin apel, Sabtu (20/7/2024).

Baca Juga: Semai Garam di 3 Kabupaten, BPBD Harap Karhutla Bisa Diminimalisir

1. Deteksi dini karhutla harus dilakukan

Airlangga Hartanto: Karhutla Rugikan Negara Puluhan Miliar SetahunMenko Perekonomian Airlangga Hartanto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Airlangga menyebut kerugian akibat karhutla harus ditekan agar tak menjadi beban negara. Alokasi anggaran untuk biaya penanganan karhutla dinilai lebih baik jika dialokasikan ke sektor lain yang berdampak ke masyaraat.

"Apel penanganan karhutla ini jangan hanya simbolis saja, semua pihak harus mendukung pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan. Pencegahan perlu diprioritaskan dan jangan sampai terlambat," jelas dia.

Dirinya meminta semua pihak yang terlibat dalam penanganan karhutla dapat bergerak secara optimal memastikan karhutla di Sumsel dapat diantisipasi.

"Perlu dilakukan langkah urgensi, untuk beberapa hal pengendalian kebakaran hutan. Kalau ada api kecil segera diberitahukan, dan deteksi dini di titik hotspot. Jajaran bawah harus memperbarui informasi secepat mungkin," beber dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Terjunkan 200 Personel Kepolisian Antisipasi Karhutla

2. Perusahaan pemilik HGU diingatkan antisipasi karhutla

Airlangga Hartanto: Karhutla Rugikan Negara Puluhan Miliar SetahunProses pemadaman karhutla di lahan gambut di kawasan Sungai Rengit Banyuasin (Dok: Manggala Agni)

Airlangga pun mewanti pihak korporasi yang memiliki Hak Guna Usaha (HGU) di Sumsel ikut andil dalam pencegahan karhutla di Sumsel. Sehingga, keterlibatan seluruh pihak pun dapat berjalan optimal dalam penanganan karhutla.

"Semua pihak mencari solusi permanen, tata air kanal bloking dan penegakkan hukum tanpa kompromi," beber dia.

3. Lima helikopter bantuan BNPB sudah beroperasi di Sumsel

Airlangga Hartanto: Karhutla Rugikan Negara Puluhan Miliar SetahunKepala Pelaksana BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Pelaksana BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, mengatakan sejauh ini ada empat kabupaten yang menjadi prioritas penanganan karhutla. Keempat kabupaten yakni OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin (Muba).

"Keempat daerah itu memiliki wilayah gambut luas, sehingga akan sulit dipadamkan bila terbakar," jelas dia.

Iqbal menambahkan, jika saat ini sudah ada 17 kabupaten dan kota di Sumsel yang mendirikan posko penanganan karhutla. Meski kemarau tahun ini diprediksi tak separah tahun lalu, pihaknya tetap akan melakukan antisipasi dini agar kebakaran tak terjadi.

"Untuk sekarang sudah ada lima unit helikopter bantuan dari BNPB untuk pemantauan dan water bombing," jelasnya.

Baca Juga: Sumsel Pinjam 8 Helikopter BNPB untuk Penanganan Karhutla

Topik:

Berita Terkini Lainnya