Airlangga Hartanto Akan Pimpin Apel Penanganan Karhutla di Sumsel

Ribuan personel dan peralatan akan dihadirkan saat apel

Intinya Sih...

  • Menteri Koordinator Perekonomian akan memimpin apel kesiapsiagaan penanganan Karhutla di Sumsel
  • 1.200 personel lintas instansi akan hadir dalam apel tersebut
  • Pihak BPBD Sumsel terus melakukan upaya penanganan karhutla dan akan mendapatkan bantuan helikopter dari BNPB

Palembang, IDN Times - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartanto, akan memimpil apel kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel. Apel tersebut dilaksanakan untuk memastikan kesiapan menghadapi ancaman karhutla saat musim kemarau.

"Insya Allah, Pak Menko Bidang Perekonomian RI akan menjadi pimpinan apel, karena pada waktu bersamaan hadir di Sumsel untuk kegiatan yang lain," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Darurat (BPBD) Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Menyusul OI, Lahan di Sungai Rengit Banyuasin Juga Terjadi Karhutla

1. Apel melibatkan personel lintas intansi

Airlangga Hartanto Akan Pimpin Apel Penanganan Karhutla di SumselKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Iqbal menerangkan, apel kesiapsiagaan tersebut akan dihadiri 1.200 personel lintas instansi dari unsur TNI, Polri, Basarnas, DLHP, BPPIKHL, dan OPD lain di Sumsel.

"Kami juga melibatkan 1.200 personel dalam kegiatan ini, dan memperlihatkan peralatan  penanggulangan bencana karhutla," ungkap dia.

Baca Juga: Pj Gubernur Sumsel Petakan Langkah Kolaborasi Penanganan Karhutla

2. Sosialisasi cegah karhutla ke masyarakat

Airlangga Hartanto Akan Pimpin Apel Penanganan Karhutla di SumselProses pemadaman karhutla di lahan gambut di kawasan Sungai Rengit Banyuasin (Dok: Manggala Agni)

Iqbal menerangkan, upaya penanganan karhutla terus dilakukan pihaknya dengan sosialisasi ke masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Kami akan lebih aktif lagi untuk pencegahannya. Apabila terjadi kebakaran, tim dari seluruh unsur siap memadamkan api," ungkap dia.

3. Helikopter akan segera tiba di Sumsel

Airlangga Hartanto Akan Pimpin Apel Penanganan Karhutla di SumselKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Pihaknya memastikan dalam waktu dekat bantuan pinjaman helikopter dari BNPB akan datang ke Palembang. Helikopter yang terdiri dari dua jenis, yakni waterbombing dan patroli, akan segera digunakan untuk memantau kondisi penanganan karhutla dari udara.

"Kalau dari pengajuan kami untuk mencakup luas wilayah Sumsel membutuhkan dua helikopter patroli dan 8 heli waterbombing. Tentunya akan melihat situasi kondisi ke depannya, kalau dibutuhkan lagi kita akan meminta lebih banyak," tutup dia.

Baca Juga: Sumsel Pinjam 8 Helikopter BNPB untuk Penanganan Karhutla

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya