9 Wilayah Sumsel Belum Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

BPBD sebut wilayah Sumsel masih aman dari karhutla

Palembang, IDN Times - Dari 12 daerah di Sumsel yang masuk dalam wilayah rawan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), baru tiga kabupaten yang menetapkan status siaga darurat. Ketiga daerah adalah, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Birokrasi menjadi kendala dalam penetapan status siaga oleh sembilan daerah, sehingga mereka belum mengeluarkan status siaga di tengah kondisi kemarau.

"Memang sejauh ini baru tiga daerah yang menetapkan status siaga. Namun hal tersebut tak akan mempengaruhi penanganan karhutla, karena sampai saat ini masih turun hujan," ungkap Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Sudirman, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga: Airlangga Hartanto Akan Pimpin Apel Penanganan Karhutla di Sumsel

1. OI masih perbaiki SK status siaga darurat

9 Wilayah Sumsel Belum Tetapkan Status Siaga Darurat KarhutlaProses pemadaman karhutla di lahan gambut di kawasan Sungai Rengit Banyuasin (Dok: Manggala Agni)

Sudirman menyebutkan, baru-baru ini wilayah Ogan Ilir berencana menetapkan status siaga darurat karhutla. Hanya saja hal itu belum terlaksana lantaran masih ada perbaikan yang harus dilakukan.

"Ogan Ilir sudah selesai (SK) tetapi ada revisi. Sampai saat ini belum keluar statusnya, kita masih menunggu," jelas dia,

Baca Juga: Menyusul OI, Lahan di Sungai Rengit Banyuasin Juga Terjadi Karhutla

2. Semua wilayah masih urus penetapan siaga karhutla

9 Wilayah Sumsel Belum Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla(Petugas saat memadamkan api efek Karhutla di Muba) IDN Times/istimewa

Sudirman menambahkan, ke-9 wilayah yang telah dipetakan rawan karhutla tersebut yakni Muara Enim, Lahat, Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara.

"Masih berproses semua," jelas dia. 

3. Titik panas terpantau di Muara Enim, Muba, dan OI

9 Wilayah Sumsel Belum Tetapkan Status Siaga Darurat KarhutlaKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Sejauh ini titik hotspot tercatat masih minim lantaran hujan yang terjadi di sejumlah daerah. Dari data Sipongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah hotspot hingga pukul 11.00 WIB hanya sebanyak 6 titik. Ke-6 titik itu ada di empat daerah.

Ke-6 hotspot itu 3 di antaranya ada di Muara Enim, sementara 3 hotspot sisanya tersebar di Banyuasin, OI dan Muba.

Baca Juga: Sumsel Pinjam 8 Helikopter BNPB untuk Penanganan Karhutla

Topik:

Berita Terkini Lainnya