86 Hektare Lahan Gambut di Muara Enim Ludes Terbakar

Penyebab kebakaran belum diketahui

Intinya Sih...

  • Karhutla melanda lima desa di Muara Enim, Sumatra Selatan, dengan total luasan 86 Ha terbakar.
  • Wilayah terluas terbakar berada di Desa Suka Maju dengan luas 54 Ha, sementara lahan gambut menyulitkan pemadaman.
  • Kondisi kekeringan dan sulitnya mendapatkan air menjadi hambatan dalam memadamkan api, namun beberapa kecamatan lainnya berhasil dipadamkan.

Muara Enim, IDN Times - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melanda lima desa di lima kecamatan di Muara Enim, Sumatra Selatan (Sumsel). Kejadian itu menyebabkan 86 Hektare (Ha) hangus terbakar.

BPBD Sumsel mencatat kebakaran terluas terjadi di Desa Suka Maju, Sungai Rotan dengan total luasan mencapai 54 Ha. Kebakaran tersebut diketahui telah memasuki hari ke-11.

"Wilayah dengan luasan lahan terbakar berikutnya ada di Desa Putak Kecamatan Gelumbang.  Luas lahan yang terbakar mencapai 15 hektare," jelas Kabid Penanganan Darurat, BPBD Sumsel, Sudirman, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Warga Muara Enim Bantu Petugas Padamkan Karhutla di Sungai Rotan

1. Pemilik lahan belum diketahui

86 Hektare Lahan Gambut di Muara Enim Ludes TerbakarKebakaran di wilayah Muara Enim (Dok: BPBD Sumsel)

Sudirman mengatakan, lahan terbakar di Muara Enim didominasi lahan gambut. Kondisi ini menyebabkan pemadaman yag dilakukan mengalami hambatan.

"Tipe kebakaran di permukaan dengan vegetasi gambut atau gelam. Sementara ini pemilik lahan dan penyebab kebakaran belum diketahui," jelas dia.

2. Tak ada sumber air di lokasi kebakaran

86 Hektare Lahan Gambut di Muara Enim Ludes TerbakarKebakaran di wilayah Muara Enim (Dok: BPBD Sumsel)

Selain kebakaran di lahan gambut yang menyebabkan api terus meluas, kondisi kekeringan juga disinyalir mengakibatkan api sulit dipadamkan. Kondisi air di lokasi kebakaran pun saat ini sulit di dapat.

"Api belum berhasil dipadamkan karena tidak ada sumber air dan tidak ada sinyal untuk melakukan komunikasi," jelas dia.

3. Kebakaran meluas di dua kecamatan

86 Hektare Lahan Gambut di Muara Enim Ludes TerbakarHelikopter pemadam Karhutla di Sumsel. (IDN Times/Rangga Efrizal)

Sudirman mengatakan, luasan lahan terbakar di beberapa kecamatan lainnya hanya menyebabkan dua Ha lahan terbakar. Api sudah berhasil dipadamkan untuk mencegah kebakaran meluas.

"Karhutla di Jalan Raya Lintas Sumatera Desa Pulau Panggung Kecamatan Tanjung Agung seluas 1 hektare menurunkan tangki suplai 4.000 liter dan tangki Damkar berhasil dipadamkan. Sedangkan Karhutla di Desa Pelempang Kecamatan Kelekar juga denga luasan 1 hektare berhasil dipadamkan," jelas dia.

Baca Juga: Obat Nyamuk Picu Kebakaran Rumah di Muara Enim, Pemilik Tewas

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya