5 Orang Petahana Anggota DPR RI Terancam Terdepak dari Senayan

Empat nama baru dari Dapil 1 Sumsel mendapat suara terbanyak

Intinya Sih...

  • Persaingan dapil Sumsel I semakin ketat menjelang Pileg 2024
  • Fauzi Amro memimpin suara tertinggi dengan 97.791 suara, diikuti oleh Kahar Muzakir dan Yudha Novanza Utama
  • Sebanyak lima petahana di Dapil Sumsel I terancam terdepak dari kursi anggota DPR RI

Palembang, IDN Times - Jatah kursi menuju Senayan semakin sengit. Nama-nama lama yang duduk sebagai anggota Legislatif terancam terdepak dari kursinya di DPR RI. Dapil Sumsel I menjadi pertarungan paling sengit dalam Pileg 2024. Petahana Fauzi Amro meraih suara tertinggi dengan raihan 97.791 suara. Kans Fauzi Amro untuk lolos ke Senayan sangat besar dengan memimpin suara tertinggi.

Posisi kedua juga diisi oleh petahana Kahar Muzakir dari partai Golkar dengan raihan 78.268 suara. Posisi ketiga juga dari partai Golkar, yakni Yudha Novanza Utama dengan raihan 47.490 suara.

Baca Juga: Keluarga Politisi Dominasi Pemilihan Caleg DPD RI Sumsel

1. Menantu eks Gubernur raih suara enam tertinggi

5 Orang Petahana Anggota DPR RI Terancam Terdepak dari SenayanGedung DPR RI. (DN Times/Kevin Handoko)

Peraih suara tertinggi selanjutnya merupakan Ketua DPD Gerindra, yakni Kartika Sandra Desi dengan 39.316 suara. Disusul oleh eks Wali Kota (Wako) Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe, dengan 36.731 suara.

Lalu menantu eks Gubernur Sumsel, Herman Deru, yakni Muhamad Yasser meraih 28.385 suara. Selanjutnya nama petahana Yulian Gunhar dengan 26.393 suara diikuti petahana Ishak Mekki meraih 25.193 suara.

Dari delapan kursi di Dapil Sumsel I yang meliputi wilayah pemilihan Palembang, Banyuasin, Muba, Mura, Muratara, dan Lubuk Linggau, terdapat empat nama baru.

Baca Juga: Bayi Lahir Saat Pencoblosan Diberi Nama M. Prabowo Gibran 

2. Daftar lima petahana terancam terdepak

5 Orang Petahana Anggota DPR RI Terancam Terdepak dari SenayanGedung DPR RI. (IDN Times/Kevin Handoko)

Lima petahana di Dapil Sumsel I yang terancam terdepak dari posisinya sebagai anggota DPR RI adalah Riezky Aprilia dari PDI Perjuangan yang memperoleh 18.748 suara. Lalu nama eks Wako Palembang, Eddy Santana Putra, yang memperoleh 13.654 suara.

Selanjutnya Siti Nurizka Puteri Tohir dari partai Gerindra yang meraih 17.074 suara. Lalu Mustofa Kamal dari PKS dengan perolehan 11.844 suara, dan Achmad Hafisz Tohir dari PAN yang mendapat 17.447 suara.

3. Baru 55 persen suara yang masuk

5 Orang Petahana Anggota DPR RI Terancam Terdepak dari SenayanPetugas TPS 045 Tebet Timur menghitung surat suara calon legislatif DPR-RI pada Pemilu Indonesia 2024 (commons.wikimedia.org/Faldi00)

Sejauh ini hasil penghitungan suara untuk anggota DPR RI terus berlangsung. Dari data di situs KPU, suara yang masuk baru mencapai 55,35 persen.

Baca Juga: Bawaslu Sumsel Akan Lakukan Perhitungan Suara Ulang di 17 TPS

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya