3 Maskapai Minat Buka Penerbangan Internasional Langsung ke Sumsel

Disbudpar minta Kemenhub keluarkan izin terbang ke Sumsel

Intinya Sih...

  • Disbudpar Sumsel dorong maskapai penerbangan internasional membuka jalur penerbangan langsung baru di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.
  • Tiga maskapai, Scoot, Air Asia dan Malaysia Airlines, berminat membuka penerbangan langsung ke Palembang.
  • Kepala Disbudpar Sumsel berharap Kemenhub memberi lampu hijau untuk pembukaan rute terbaru demi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal.

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan (Disbudpar Sumsel), Aufa Syahrizal, mendorong maskapai penerbangan internasional membuka jalur penerbangan langsung baru di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Terbaru, sudah ada tiga maskapai yang menjalin komunikasi untuk membuka penerbangan langsung ke ibu kota Sumsel, Palembang.

"Dalam Rakernas yang disampaikan beberapa waktu lalu, maskapai seperti Scoot, Air Asia dan, Malaysia Airlines, sudah menyatakan minat untuk kembali membuka penerbangan internasional di Palembang," ungkap Aufa, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Sumsel Masuk 5 Besar Destinasi Dikunjungi Wisatawan Indonesia

1. Ketiga maskapai tunggu regulasi pemerintah

3 Maskapai Minat Buka Penerbangan Internasional Langsung ke SumselIlustrasi pelayanan penumpang penerbangan Bandara Sepinggan Balikpapan Kaltim, Rabu (16/3/2022). Foto Angkasa Pura Balikpapan

Aufa mengatakan, sejauh ini pembahasan mengenai pembukaan rute terbaru sudah dilakukan pihak maskapai dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dirinya berharap nantinya penerbangan dari negara tetangga tak lagi transit di bandara Soekarto Hatta, Tangerang.

"Pada dasarnya mereka sudah siap, tinggal menunggu regulasi dari Indonesia saja. Kalau regulasi sudah ada, mereka akan langsung buka rute. Saya juga belum tahu apa kendala yang dihadapi sehingga regulasi itu belum dikeluarkan," jelas dia.

Baca Juga: Bandara Atung Bungsu Pagar Alam Beroperasi Lagi Jelang Idul Fitri

2. Tergetkan penambahan wisatawan

3 Maskapai Minat Buka Penerbangan Internasional Langsung ke SumselLanding Penerbangan perdana Air Asia Bali-Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Aufa meyakini pembukaan rute baru penerbangan tersebut menjadi penting untuk dunia pariwisata di Sumsel. Sebab terjadi penurunan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) sehingga pihaknya hanya fokus pada wisatawan lokal.

"Tahun ini kita menargetkan kenaikan 15 persen wisatawan. Tahun lalu ada 3 jutaan yang berkunjung ke Sumsel dan itu jumlahnya naik 10-15 persen dari tahun sebelumnya," jelas dia.

3. Penerbangan di Lampung diharap berimbas ke Sumsel

3 Maskapai Minat Buka Penerbangan Internasional Langsung ke SumselPenerbangan di Bandara Juanda. Dok. Humas Bandara Juanda.

Untuk tahun ini, pihaknya menyiapkan ada 100 event pariwisata di Sumsel untuk menarik minat wisatawan. Beberapa rute penerbangan lokal baru yang dibuka seperti Batam, Bali, dan Medan, diyakini akan meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu dibukanya bandara di Way Tuba, Kabupaten Way Kanan, Lampung, juga akan meningkatkan destinasi kunjungan ke Sumsel.

"Bandara itu akan mengakomodir destinasi kunjungan ke wilayah OKU Raya seperti OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan, termasuk OKI," tutup dia.

Baca Juga: Sumsel Berharap Penerbangan Internasional Negara Asean Kembali Dibuka 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya