3 Dewan Komisaris PT BA Jelaskan Keuntungan Akuisisi PT SBS

Agus Suhartono mantan Panglima TNI juga beri kesaksian

Palembang, IDN Times - Sidang perkara dugaan korupsi dalam proses akuisisi saham PT Satria Bahana Sarana (SBS) oleh PT Bukit Asam Persero Tbk (PT BA) melalui anak perusahaan PT Bukti Multi Investama (BMI), kembali bergilir di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, dengan agenda menghadirkan tiga saksi.

Kasus yang menjerat lima orang terdakwa dan diperkirakan merugikan keuangan negara sebesar Rp 162 miliar, menghadirkan mantan Panglima TNI periode 2010-2013 sebagai Dewan Komisaris Utama PT BA periode 2013-2023, Agus Suhartono; Robert dan Seger Budiharso selaku Dewan Komisaris PT BA.

Agus Suhartono dalam sidang menjelaskan, semua proses dan persyaratan untuk akuisisi sudah dijalankan. Bahkan menurutnya manfaat akuisisi PT SBS untuk keberlangsungan perusahaan serta mengurangi kebergantungan PT BA dengan pihak ketiga.

“Bahkan pada 2022, kuota PT SBS di PT BA sudah mencapai 30 persen dari seluruh kegiatan penambangan. Manfaat akuisisi PT. SBS dirasakan riil. Kalau dulu mitra jasa penambangan yang menentukan harga seenaknya, tapi saat ini bisa ditekan. Selisih harga itu menjadi keuntungan besar bagi PT BA,” jelas Agus.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Agus Suhartono Jadi Saksi Kasus Akuisisi PT BA

1. Lepas ketergantungan jasa penambangan

3 Dewan Komisaris PT BA Jelaskan Keuntungan Akuisisi PT SBSSidang lanjutan dugaan korupsi akusisi saham PT SBS oleh PTBA melalui anak perusahaan PT BMI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Agus juga menjelaskan, kuota penambangan sangat tergantung PT. BA, dengan PT. SBS selalu naik setiap tahun. Dampak terhadap penyerapan tenaga kerja lokal pun semakin besar.

"Modal Rp60 miliar digelontorkan ke PT. BMI untuk mengambil alih beberapa perusahaan, termasuk ke PT. SBS. Setahu saya ketergantungan pada pihak ketiga (terkait jasa penambangan) merupakan kerugian bagi PT BA,” jelasnya.

Baca Juga: Sidang Korupsi Akuisisi Saham, PT BA Klaim Tak Ada Temuan BPK

2. Akuisisi justru menguntungkan PT BA

3 Dewan Komisaris PT BA Jelaskan Keuntungan Akuisisi PT SBSSidang lanjutan dugaan korupsi akusisi saham PT SBS oleh PTBA melalui anak perusahaan PT BMI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan menurut Robert, pekerjaan untuk menambang, mengangkut, dan menjual adalah tugas PT. BA yang diamanatkan oleh Undang-Undang Mineral dan Batu Bara (UU Minerba).

“Sebelum PT. SBS diakuisisi, rekrutmen tenaga kerja berasal dari luar. Efek akuisisi mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal dan itu ril terjadi,” urainya.

Robert menjelaskan, akuisisi PT. SBS lebih murah ketimbang perusahaan lain yang lebih tinggi. Bahkan setelah PT. SBS diambil alih, para pekerja bisa langsung dikaryakan dan segera beroperasi.

“Kalau perusahaan baru akan butuh waktu lama, tentunya akan membutuhkan alat berat dan tenaga kerja baru tentunya,” terangnya.

3. Pengacara pertanyakan bukti kerugian negara

3 Dewan Komisaris PT BA Jelaskan Keuntungan Akuisisi PT SBSSidang lanjutan dugaan korupsi akusisi saham PT SBS oleh PTBA melalui anak perusahaan PT BMI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Diberitakan sebelumnya, kuasa hukum terdakwa Ridho Junaidi, menilai tidak ada kerugian dari proses akuisisi. Seluruh uang masuk ke rekening PT SBS.

"Itu tidak ada, sampai detik ini pun bukti surat yang dihadirkan oleh penuntut umum maupun saksi tidak ada yang mengarah ke aliran dana masuk ke rekening pihak ketiga maupun rekening pribadi. Seluruh uang itu masuk ke rekening PT SBS," tutur dia.

Ridho pun menilai, dakwaan mengenai jumlah kerugian negara tidak bisa dibuktikan. Uang yang masuk merupakan bagian keuntungan negara yang diperoleh dari PT BA dan PT SBS.

"Jadi pertanyaan sekarang, di mana kerugian negaranya? Kenapa uang itu masuk ke dalam PT SBS, jelas uang itu masuk ke rekening PT SBS," tutup dia.

Baca Juga: Mantan Direktur PT BMI Beberkan Keuntungan PT BA Akuisisi PT SBS

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya