2 Pj Wali Kota Harus Pastikan Netralitas ASN Terjaga di Pilkada

Elen titip netralitas dan peningkatan ekonomi kepada PJ baru

Palembang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi melantikan dua ASN dilingkungan Setda Sumsel sebagai Pj Wali Kota Pagar Alam dan Lubuk Linggau. Keduanya adalah, Nelson Firdaus yang saat ini menjabat Sebagai Karo Organisasi menjadi PJ Wali Kota Pagar Alam dan Kadis Kehutanan Sumsel Koimudin sebagai Pj Wali Kota Lubuk Linggau.

Keduanya ditugaskan untuk menjaga roda pemerintahan tetap berjalan terutama dalam menjaga netralitas menghadapi Pilkada serentak 2024. Dirinya meminta keduanya untuk bertanggung jawab mengenai kondisi keamanan dan netraliras di wilayah masing-masing.

"Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pilkada serentak, ini tugas berat. Karena ini tanggungjawab bersama dan sebagai penjabat punya tanggungjawab lebih besar," ungkap Elen Setiadi, Sabtu (21/9/2024).

1. Pj harus jaga sikap dan netralitas

2 Pj Wali Kota Harus Pastikan Netralitas ASN Terjaga di PilkadaPelantikan PJ Wali Kota Lubuk Linggau dan Pagar Alam (Dok: Bako Humas Pemprov Sumsel)

Elen menerangkan, peran penjabat sebagai pimpinan tertinggi ASN di wilayah masing-masing dapat mengarahkan para ASN untuk tidak ikut-ikutan terlibat politik praktis. Para penjabat ini lah yang harus mencontohkan sikap netralitas yang ada sehingga bawahannya mengikuti.

"Kita ingin mewujudkan pilkada damai sehingga mendapatkan pemimpin di setiap daerah yang diharapkan," jelas dia.

2. Peningkatan ekonomi diminta terus berjalanan

2 Pj Wali Kota Harus Pastikan Netralitas ASN Terjaga di PilkadaPJ Gubernur Sumsel Elen Setiadi (Dok: Bako Humas Pemprov Sumsel)

Selain pilkada, Elen mengingatkan kepada para penjabat untuk langsung bekerja memastikan peningkatan ekonomi masyarakat terus berjalan.

"Untuk tetap melaksanakan tugas, dan program baik di daerah, tingkat provinsi dan nasional untuk masyarakat," jelas dia.

Tak hanya melantik Nelson Firdaus dan Koimudin, Elen pun menyerahkan perpanjangan SK jabatan Pj Wali Kota Prabumulih, Elman, dan Pj Bupati Empat Lawang, Fauzi Khoiri.

3. Nelson dan Koimudin segera bekerja

2 Pj Wali Kota Harus Pastikan Netralitas ASN Terjaga di PilkadaPenyerahan SK perpanjangan Bupati Empat Lawang dan Pj Wali Kota Prabumulih (Dok: Bako Humas Pemprov Sumsel)

Usai dilantik, Nelson Firdaus mengatakan akan langsung bekerja dan berkoordinasi dengan forkompinda Pagar Alam. Selain itu, dirinya akan memastikan program pemda, provinsi dan pusat yang berjalan di Pagar Alam dapat tetap berjalan.

"Maka kami butuh banyak dukungan untuk menjalankan tugas yang diamanahi ini," jelas dia.

Senada, Koimudin mengatakan, sudah siap melaksanakan tugasnya yang baru sebagai Pj Wali Kota Lubuk Linggau. Dirinya mengaku akan membawa pilkada di Lubuk Linggau berjalan riang dan gembira.

"Pj ini artinya kita sebagai pelayan masyarakat maka kita mengharapkan dukungan masyarakat, FKDP dan semua stakeholder," jelas dia.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya