131.000 Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022 Renggut 26.000 Nyawa

Mirisnya mayoritas korban kecelakaan itu dari usia produktif

Palembang, IDN Times - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dari Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada 2022 mencapai 131.000 kasus. Jumlah kecelakaan tersebut menyumbang banyak korban jiwa hingga 26.000 korban meninggal dunia. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, mengajak masyarakat tertib berlalu lintas mengingat angka kecelakaan di Indonesia tercatat cukup tinggi. Hal yang memprihatinkan, kecelakaan tersebut banyak terjadi akibat faktor kelalaian manusia.

"Yang paling memprihatinkan adalah korban meninggal tersebut berasal dari usia produktif. Ini menjadi perhatian kita semua, terlebih kebanyakan kecelakaan terjadi karena faktor manusia," ungkap Hendro, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Tragis Ibu dan Anak Meninggal Terlindas Truk di Palembang

1. Pemerintah dan masyarakat cari solusi tekan angka kecelakaan

131.000 Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022 Renggut 26.000 NyawaDirektur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugianto (Dok: istimewa)

Hendro menguraikan, keselamatan lalu lintas adalah hal prioritas yang harus dijaga bersama dan harus dilaksanakan oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Menurutnya diperlukan sosialisasi dan kontribusi dari pihak terkait agar mengerti dan memahami pentingnya berperilaku selamat di jalan.

"Makna dari Pekan Keselematan Jalan (PKJ) adalah bagaimana para pemangku kepentingan memikirkan cara untuk membuat masyarakat selamat dalam beraktivitas sehari-hari di jalan. Maka yang perlu dikerjakan bersama adalah membangun dari faktor manusianya agar dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas," jelas dia.

Baca Juga: Karyawan RSUD Muara Enim Tewas Kecelakaan, Korban Terseret 25 Meter

2. Terus edukasi untuk masyarakat

131.000 Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022 Renggut 26.000 NyawaWali Kota Palembang Harnojoyo bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugianto meresmikan pelabuhan sungai di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumsel, Denny Michels Adlan menyebutkan, pihaknya menggelar PKJ dengan menyasar pelajar dan mahasiswa serta komunitas masyarakat. Pemberian edukasi dilakukan untuk menekan angka kecelakaan agar tidak terus meningkat.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan informasi dan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas, sekaligus meningkatkan keselamatan pengendara," jelas dia.

3. Pelajar sekolah dan mahasiswa jadi target edukasi

131.000 Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022 Renggut 26.000 NyawaIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kegiatan PKJ di Sumsel diikuti oleh 1.257 orang peserta, terdiri dari kegiatan jalan sehat dan lomba mewarnai. Selain itu dilakukan pembagian helm kepada pengemudi ojek online, pembagian life jacket, traffic cone, dan water barrier.

"Sosialisasi ini dapat mengurangi jumlah korban kecelakaan yang melibatkan pelajar sekolah maupun mahasiswa. Paling utama adalah dapat terwujudnya budaya tertib berlalu lintas," tutup Denny.

Baca Juga: Truk Baru Bara Rem Blong Picu Kecelakaan Beruntun di Muara Enim 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya