10 Wilayah Siaga Karhutla, Sumsel Masuki Fase Rawan Terbakar

Kemarau mulai melanda wilayah Sumsel

Intinya Sih...

  • 10 dari 12 wilayah rawan Karhutla di Sumsel menetapkan status siaga
  • Daerah yang telah menetapkan status siaga antara lain Pemprov Sumsel, Muba, Banyuasin, OKI, OI, OKU, dan OKU Selatan
  • Tiga wilayah lainnya masih dalam proses administrasi untuk menaikkan status siaga

Palembang, IDN Times - Sepuluh dari 12 wilayah dipetakan rawan Karhutla di Sumsel berstatus siaga. Kabid Kedaruratan BPBD Sumsel Sudirman mengatakan, bertambahnya daerah siaga ini menjadikan kewaspadaan akan kebakaran lahan menjadi lebih siap.

"Dengan penetapan status siaga ini maka kesiapsiagaan dapat dilakukan sedini mungkin. Terlebih saat ini Sumsel sudah memasuki fase kemarau," ungkap Sudirman, Senin (29/7/2024).

Baca Juga: Pj Gubernur Sumsel Dorong Percepatan Proyek Tol Kapal Betung

1. Rincian wilayah berstatus siaga

10 Wilayah Siaga Karhutla, Sumsel Masuki Fase Rawan TerbakarAsap kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Tol Palindra (Dok: Manggala Agni)

Sudirman merinci daerah telah menetapkan status siaga di antarannya Pemprov Sumsel, Pemkab Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU) dan OKU Selatan.

Sedangkan untuk tiga wilayah tambahan yakni, Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Muara Enim dan Musi Rawas (Mura) juga telah menetapkan status siaga serupa.

"Tersisa tiga wilayah lagi, baru 10 pemda dengan status siaga," jelas dia.

2. Tiga daerah urus administrasi penetapan status siaga

10 Wilayah Siaga Karhutla, Sumsel Masuki Fase Rawan Terbakar(Karhutla di Bayung Lencir Muba Meluas Sampai 46 Hektar) IDN Times/istimewa

Sudirman memaparkan, untuk tiga pemda lainnya, saat ini masih berproses secara administrasi dalam menaikan status siaga. Ketiga daerah tersebut adalah, Musi Rawas Utara, Lahat, dan OKU Timur.

"Muratara, Lahat dan OKU Timur masih proses di biro hukum Pemda masing-masing," jelas dia.

3. Pali mulai laporkan kejadian kebakaran lahan

10 Wilayah Siaga Karhutla, Sumsel Masuki Fase Rawan TerbakarProses pemadaman karhutla di lahan gambut di kawasan Sungai Rengit Banyuasin (Dok: Manggala Agni)

Upaya penanganan karhutla lebih intens dilakukan saat ini mengingat beberapa daerah mulai mengalami kebakaran lahan. Tim penanganan darat dan udara telah dikerahkan untuk memadamkan api di wilayah Pali, OKI, OI, Muara Enim, Lahat dan Empat Lawang.

Pihaknya juga mencatat semester pertama 2024 telah terjadi kebakaran lahan yang menghanguskan 313,5 Hektare (Ha) lahan dengan rincian wilayah terbakar didominasi oleh lahan mineral sebanyak 202,9 Ha. Sedangkan untuk wilayah gambut mencapai 110,6 Ha.

"Di Penukal Utara masih berasap, sementara di Abab sudah padam," jelas dia.

Baca Juga: Sepanjang Juli ada 444 Titik Hotspot di Sumsel, Terbanyak di Muba

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya