Wako Palembang Minta Rekap Absensi ASN di Hari Pertama Kerja

Kedisiplinan ASN Palembang disebut kian membaik

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Palembang kembali masuk kerja pasca libur lebaran 2024.
  • Seluruh ASN diminta melaporkan absensi tertulis kehadiran oleh Penjabat Wali Kota Palembang.
  • Ratu Dewa melakukan inspeksi mendadak pegawai dan menyebut kedisiplinan ASN cukup baik dengan 99 persen kehadiran.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali masuk kerja pasca libur lebaran 2024, Selasa (16/4/2024). Pada hari pertama masuk kerja, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta Penjabat Wali Kota (Pj Wako) untuk melaporkan absensi tertulis kehadiran.

"Saya minta laporan tertulis (absensi) nanti dari tim yang terdiri dari Ketua Sekda, Inspektur, dan BKPSDM," ujar Pj Wako Palembang, Ratu Dewa, saat sidak di sejumlah instansi kedinasan pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: BPK Rampungkan  Pemeriksaan Mobil Milik Pemprov Sumsel Setelah Lebaran

1. Pemkot sidak kehadiran ASN Palembang

Wako Palembang Minta Rekap Absensi ASN di Hari Pertama KerjaPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Ratu Dewa bersama staf serta tim dari Pemkot Palembang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pegawai. Sidak dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan kantor Kecamatan Kemuning.

Dalam sidak tersebut, Ratu Dewa memantau aktivitas di kantor kedinasan dan berkeliling mengecek satu persatu ruangan dan pelayanan.

"Pasca libur dan cuti bersama hari raya Idul Fitri, hari ini dibagi beberapa tim untuk sidak ke lapangan mengecek kehadiran dan kedisiplinan pegawai baik itu PNS, non PNSD, dan PPPK," kata dia.

Baca Juga: Polisi Identifikasi Ciri Pelaku Pembunuhan Ibu Anak di Palembang

2. Pj Wako Palembang sidak Kantor Disdukcapil

Wako Palembang Minta Rekap Absensi ASN di Hari Pertama KerjaPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Sidak dilakukan di sejumlah kantor kedinasan untuk melihat seberapa disiplin dan konsisten pegawai Pemkot Palembang. Selain melihat seberapa serius ASN melaksanakan tugas dan kewajiban kerja sebagai karyawan.

"Memastikan kehadiran pegawai untuk melihat kinerja mereka melayani masyarakat," kata Dewa saat sidak di Kantor Disdukcapil Palembang.

3. Sebut 99 persen pegawai Pemkot Palembang disiplin masuk kerja

Wako Palembang Minta Rekap Absensi ASN di Hari Pertama KerjaPJ Wako Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Hasil pantauan dan laporan tim di lapangan, Ratu Dewa menyebut bahwa kedisiplinan ASN maupun non ASN di lingkungan Pemkot Palembang cukup baik di hari pertama masuk kerja. Terlihat dari kehadiran karyawan 99 persen sudah bekerja.

"Saya pilih ke sini karena Disdukcapil adalah sentral pelayanan kepada masyarakat yang bersentuhan langsung, termasuk di Sekretariat. Saya kira 99 persen hadir, hanya 1 orang yang sakit selebihnya hadir semua," jelas dia.

Baca Juga: Polisi Sebut Pembunuhan Ibu dan Anak di Palembang Bukan Perampokan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya