Viral Video Warga Kirim Ambulans Pakai Ketek ke Lokasi Banjir Muratara

Warga Rantau Telang gotong royong seberangi sungai

Palembang, IDN Times - Viral video di media sosial (medsos) berdurasi sekitar 40 detik yang menampilkan warga gotong royong mengangkut ambulans menggunakan ketek atau perahu kecil.

Video tersebut diunggah akun Instagram @Info.muratara dan sudah diputar lebih dari 2 ribu penonton. Dalam video itu tampak 5 unit ketek telah dirakit membawa ambulans menyeberangi arus sungai.

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di Muratara Bertambah Menjadi 3 Orang

1. Banjir Muratara menyebabkan 4 jembatan gantung terputus

Viral Video Warga Kirim Ambulans Pakai Ketek ke Lokasi Banjir MurataraIstimewa

Ketek tersebut diketahui menuju Musi Rawas Utara (Muratara) untuk mengirim ambulans yang diperlukan oleh korban terdampak banjir. Pengiriman ambulans dilakukan oleh warga Rantau Telang.

Banjir Muratara menyebabkan 4 Unit jembatan gantung putus di Desa Tanjung Agung, satu jembatan beton rusak, rumah warga 10 unit hanyut dan rumah yang terendam mencapai 160 unit.

Baca Juga: Arus Banjir Bandang Muratara Seret Lansia Hingga Hilang

2. Tempat ibadah umat muslim di Muratara terendam banjir

Viral Video Warga Kirim Ambulans Pakai Ketek ke Lokasi Banjir MurataraIstimewa

Pengiriman ambulans menggunakan ketek mengundang komentar positif dari netizen. Banyak dari mereka juga berharap pemerintah bisa mengirim bantuan tambahan untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak banjir.

Apalagi sejumlah fasilitas layanan kesehatan, tempat ibadah umat muslim, serta instansi pendidikan turut terendam banjir. Bahkan aktivitas di jalan besar sempat terputus dan mengganggu akses lalu lintas.

3. Total 640 jiwa terdampak banjir Muaratara

Viral Video Warga Kirim Ambulans Pakai Ketek ke Lokasi Banjir MurataraIstimewa

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Muhammad Iqbal Alisyahbana, Pemprov telah mengirim sejumlah bantuan kendaraan, sembako, atau logistik untuk memenuhi kebutuhan korban banjir.

"Paket logistik sembako dan dua unit perahu karet, sudah dikirim. Total yang terdampak ada 160 KK dan 640 jiwa di Desa Suka Menang," katanya.

4. Pemprov Sumsel kirim bantuan peralatan rumah tangga ke Muratara

Viral Video Warga Kirim Ambulans Pakai Ketek ke Lokasi Banjir MurataraIstimewa

Selain itu pihak BPBP Sumsel juga telah mengevakuasi para korban menggunakan truk serbaguna dan perahu karet. Total bantuan yang diserahkan berupa sembako, matras, dan selimut masing-masing 50 paket.

"Pemprov juga kirim hygiene kit 50 kotak, nasi goreng 50 bungkus, sabun cuci tangan 50 botol, serta peralatan rumah tangga," jelas dia.

Baca Juga: Pilu! Diduga Kelaparan, Warga Muratara Meninggal Saat Lebaran

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya