Viral Jukir Liar di BKB, Pemkot Palembang Tertibkan Area Parkir

Pemkot gandeng aparat dan pihak kepolisian

Intinya Sih...

  • Kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang ramai dibicarakan karena video wisatawan Bengkulu yang disetop oleh oknum jukir liar.
  • Pemkot Palembang mulai menata area parkir legal di sekitar BKB dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II untuk keamanan publik dan pemanfaatan lain.
  • Penyebab kurang tertibnya parkir di BKB adalah renovasi yang sedang berlangsung, namun Pemkot akan menertibkan area parkir dengan melibatkan berbagai pihak.

Palembang, IDN Times – Kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang menjadi perbincangan ramai di media sosial setelah video wisatawan asal Bengkulu yang disetop secara paksa oleh oknum juru parkir (jukir) liar beredar. Menanggapi hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai menata area parkir legal di sekitar lokasi wisata tersebut.

“Kami menyoroti sisi keamanan agar masyarakat merasa nyaman dan tentram. Semua pihak, termasuk TNI, Polri, budayawan, seniman, dan pemangku kepentingan lainnya kami libatkan untuk mewujudkan Palembang yang lebih baik,” ujar Penjabat Wali Kota Palembang, Ucok Abdulrauf Damenta, usai meninjau kawasan BKB, Kamis (26/9/2024).

1. Area parkir BKB Palembang diujicoba sebelum penertiban

Viral Jukir Liar di BKB, Pemkot Palembang Tertibkan Area ParkirPJ Wako Palembang Ucok Abdulrauf Damenta (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Selain memperhatikan keamanan publik, sejumlah titik lokasi parkir di sekitar BKB dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang juga ditata lebih tertib. Penataan area parkir ini akan diujicoba melalui rekayasa dan simulasi kawasan.

“Museum ini akan lebih menonjolkan fungsi bersejarahnya dan akan ada banyak pemanfaatan lain di sini (BKB), bukan hanya untuk parkir. Kegiatan seni, kebudayaan, dan banyak hal lain yang bisa ditampilkan di sini,” jelas Ucok.

2. Penataan parkir di Kawasan BKB Palembang segera terealisasi

Viral Jukir Liar di BKB, Pemkot Palembang Tertibkan Area ParkirJembatan Ampera Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Ucok, masalah parkir yang kurang tertib di kawasan BKB disebabkan oleh proses renovasi yang sedang berlangsung. Pintu masuk Museum SMB II Palembang juga masih dalam tahap perbaikan.

“Kondisi parkir saat ini masih berantakan. Ada yang menata, tapi belum rapi. Kami akan segera menertibkan area parkir ini dengan melibatkan berbagai pihak. Dalam waktu dekat, semua akan tertata agar pada Tahun Baru nanti, Palembang benar-benar tampil baru,” tambahnya.

3. Video viral jukir liar di BKB Palembang diunggah akun @oypalembang

Viral Jukir Liar di BKB, Pemkot Palembang Tertibkan Area ParkirViral video juru parkir di BKB Palembang setop paksa wisatawan Bengkulu (Tangkapan layar akun instagram @oypalembang)

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan oknum jukir liar di Palembang menghentikan secara paksa wisatawan asal Bengkulu menjadi viral di akun Instagram @oypalembang. Video berdurasi sekitar satu menit tersebut menampilkan beberapa jukir yang memaksa wisatawan untuk tidak parkir di dalam kawasan BKB.

Padahal, Pemkot Palembang telah menyiapkan lahan parkir legal di area wisata BKB. Namun, para jukir liar justru mengarahkan pemilik kendaraan untuk parkir di luar kawasan BKB dengan tarif parkir mencapai Rp10 ribu per kunjungan.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya