Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Palembang Capai Target 

Pemkot masih upayakan vaksinasi remaja dan lansia

Palembang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Palembang akhirnya mencapai target, yakni telah melebihi persentase kekebalan komunal di atas 75 persen dari jumlah total sasaran vaksinasi minimal untuk 1,2 juta jiwa.

"Dosis awal telah melampaui target. Sebelumnya kita menargetkan memang tuntas hingga akhir Desember," ujar Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (30/12/2021).

Baca Juga: Waspada Penyebaran Omicorn, Wako Palembang Percepat Vaksinasi

1. Palembang menjadi kota tertinggi kedua di Sumsel dalam capaian vaksinasi COVID-19

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Palembang Capai Target Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Berdasarkan capaian dosis pertama yang telah menembus target minimal, Palembang menjadi kota nomor dua tertinggi di Sumatra Selatan (Sumsel) yang menuntaskan vaksinai COVID-19 dari 17 kota/kabupaten.

"Kita akhirnya mencapai kekebalan komunal (herd immunity) dan ke depan perlindungan maksimal diupayakan vaksinasi menyasar lebih luas terutama lansia dan anak-anak," kata dia.

2. Pemkot Palembang sinergi pelaksanaan vaksinasi bersama TNI/Polri

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Palembang Capai Target Ilustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selanjutnya untuk mencapai sasaran vaksinasi COVID-19 yang lebih luas, kegiatan pelayanan vaksinasi massal bersinergi dengan TNI/Polri dan instansi lain sehingga target dosis kedua turut tercapai di awal tahun 2022.

"Kita terus memaksimalkan vaksinasi agar kondisi pandemi cepat selesai," timpalnya.

Baca Juga: Pemkot Palembang Belum Laksanakan Vaksinasi Bagi Siswa SD

3. Pemerintah jemput bola vaksinasi agar target dosis kedua melampaui target

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Palembang Capai Target Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini, menambahkan, saat ini pihaknya mengoptimalkan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-12 tahun hingga lansia dengan cara jemput bola.

"Dan kami menyosialisasikan agar masyarakat segera mendatangi Puskesmas terdekat atau tempat-tempat yang menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 massal," tambah dia.

4. Vaksinasi dosis pertama di Palembang sudah 81 persen

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Palembang Capai Target Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Hasil pendataan Dinkes Sumsel, ada tujuh kabupaten/kota yang sudah melampaui target vaksinasi COVID-19 dosis pertama, yakni Prabumulih 85,22 persen, Palembang 81,07 persen, Lubuklinggau 72,40 persen dan Kota Pagaralam 71,88.

"Selanjutnya Musi Banyuasin 75,88 persen, Pali 72,35 persen dan Ogan Komering Ulu (OKU) 70,38 persen," kata dia. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya