UTBK-SBMPTN Unsri Tutup 20 Juni, Catat Cara Daftar dan Syaratnya 

Melalui portal website https://portal.ltmpt.ac.id

Palembang, IDN Times - Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di Universitas Sriwijaya atau Unsri tahun 2020, telah dibuka sejak 2 Juni. Calon mahasiswa bisa mendaftar hingga batas waktu penutupan pada 20 Juni mendatang.

"Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membagi materi UTBK-SBMPTN dengan Tes Potensi Skolastik (TPS), yang disesuaikan dengan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil," ujar Koordinator Humas SBMPTN Unsri, Zulkifli Dahlan, Kamis (4/6).

1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN menggunakan akun LTMPT

UTBK-SBMPTN Unsri Tutup 20 Juni, Catat Cara Daftar dan Syaratnya Ilustrasi ujian seleksi masuk perguruan tinggi di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Cara pendaftaran UTBK-SBMPTN Unsri melalui dua tahap. Yakni mendaftar online melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT dengan mengikuti syarat yang tertera. Kemudian setelah berhasil mendaftar, calon mahasiswa baru mengisi daftar program studi untuk proses SBMPTN.

"Unsri menerima sekitar 3 ribu mahasiswa baru tahun ini untuk jalur UTBK-SBMPTN, dengan total keseluruhan penerimaan sekitar 7 ribu hingga 7.500 maba dari jalur seleksi lain, jalur prestasi, dan undangan," kata dia.

Baca Juga: UTBK dan SBMPTN Ditunda, Unsri Terima 1.523 Mahasiswa Jalur SNMPTN

2. Biaya pendaftaran pengambilan nomor peserta sebesar Rp150 ribu

UTBK-SBMPTN Unsri Tutup 20 Juni, Catat Cara Daftar dan Syaratnya Ilustrasi mendaftar UTBK-SBMPTN.IDN Times/Dokumen

Sebelum mengisi pilihan program studi untuk mendaftar UTBK-SBMPTN, calon mahasiswa wajib melakukan pembayaran melalui bank yang bekerja sama pihak kampus.

"Biayanya Rp150 ribu untuk reguler, jika peserta mempunyai nomor pendaftaran KIP kuliah dan terdaftar, otomatis bebas bayar biaya UTBK dan langsung mendapatkan nomor peserta," terang dia.

Berikut cara pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020:

1. Setelah berhasil mendaftar UTBK lewat laman portal LTMPT, calon mahasiswa dapat mendaftar SBMPTN
2. Calon mahasiswa memilih program studi, dengan catatan pilihan prodi tidak boleh lintan PTN SN-SB (non Politeknik)
3. Calon mahasiswa mengungah portofolio
4.  Calon mahasiwa melakukan konfirmasi dan simpan data secara permanen
5. Jika telah melakukan simpan secara permanen, calon mahasiswa dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN.

3. Tes UTBK-SBMPTN berlangsung 5-12 Juli

UTBK-SBMPTN Unsri Tutup 20 Juni, Catat Cara Daftar dan Syaratnya ltmpt.ac.id

Setelah pendaftaran proses UTBK-SBMPTN selesai, selanjutnya tinggal menunggu jadwal ujian yang bakal berlangsung pada 5 sampai 12 Juli 2020. Penyelenggaraan tes tertulis akan dilaksanakan di lokasi yang ditentukan oleh pihak kampus.

"Setiap hari ada empat sesi ujian. Kapasitas untuk satu sesi tes sekitar 750 orang peserta. Lokasi tesnya di kampus Unsri Bukit Besar, dan beberapa SMA/SMK. Teknisnya akan kami kabari lebih lanjutnya," jelas Zulkifli.

4. Setiap satu sesi ujian pihak panitia menyiapkan 755 kursi

UTBK-SBMPTN Unsri Tutup 20 Juni, Catat Cara Daftar dan Syaratnya Ilustrasi pelaksanaan tes menggunakan komputer (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketua Pusat UTBK Unsri, Prof Zainuddin Nawawi menambahkan, lokasi pusat UTBK telah dipersiapkan dan terbagi di beberapa tempat. Antara lain di kampus Bukit Besar sebanyak 6 ruangan di gedung perpustakaan Fakultas Kedokteran, dan 3 ruangan di FKIP Unsri Palembang.

"Satu sesi kapasitasnya 755 tempat duduk, lokasi tersebar di 10-11 lokasi, setiap lokasi terdiri dari beberapa ruang ujian. Setiap ruangan pada setiap sesi diisi maksimum 50 persen atau kurang dari kapasitas ruangan," tambahnya.

5. Pelaksanaan tes UTBK-SBMPTN menerapkan protokol kesehatan

UTBK-SBMPTN Unsri Tutup 20 Juni, Catat Cara Daftar dan Syaratnya Ilustrasi pendaftaran SBMPTN (IDN Times/Dokumen)

Adapun lokasi tes lain kata Zainudin, yakni berada di SMA Negeri 1 Palembang, SMK Negeri 3 Palembang, SMK Negeri 5 Palembang, SMA Negeri 10 Palembang, SMA Negeri 6 Palembang, SMK Negeri 2 Palembang dan kampus UIN Raden Fatah Palembang. Sebelum pelaksanaan tes UTBK, peserta wajib hadir di lokasi 30 menit lebih awal dari jadwal ujian dimulai.

"Pelaksanaan ujian ini tetap mengikuti protokol COVID-19 dengan semua aturan sudah disetujui oleh tingkat pusat, mulai dari ketertiban (baris dan antri) peserta sampai keluar dan pulang. Seluruh peserta dan petugas jaga wajib mengenakan masker, cuci tangan, periksa suhu badan, hingga penyediaan desinfektan ruangan," tandas dia.

Baca Juga: Rektor Unsri Akui Alumni Kurang Mampu Bersaing karena Tak Miliki Skill

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya