Unsri Mulai Validasi 1.748 Calon Mahasiswa Jalur SNBP

Unsri siapkan kuota untuk 8.500 orang dari tiga jalur

Intinya Sih...

  • Universitas Sriwijaya (Unsri) mulai menjaring calon Mahasiswa Baru (Maba) lewat jalur undangan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
  • Penerimaan calon maba melalui tiga seleksi yakni SNBP, SNBT, dan jalur mandiri dengan kuota keseluruhan sekitar 8.500 orang.
  • Kebijakan pemerintah tidak diperbolehkan peserta seleksi SNBP perguruan tinggi untuk mengikuti ujian lainnya karena banyak peserta yang tidak mengambil kuota kelulusan tersebut.

Palembang, IDN Times - Universitas Sriwijaya (Unsri) mulai menjaring calon Mahasiswa Baru (Maba) lewat jalur undangan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sebanyak 1.748 orang peserta seleksi sudah mendaftar jalur tersebut.

"Mereka ini lagi proses validasi data. Validasi kelulusan dari sebelumnya mendapatkan jalur undangan berdasarkan standar nilai rata-rata sesuai Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS)," ujar Rektor Unsri, Taufiq Marwa, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Menpar Buka Seleksi Mahasiswa Baru,  400 Kuota di Poltekpar Palembang

1. Pendaftaran jalur SNBT dibuka 30 April 2024

Unsri Mulai Validasi 1.748 Calon Mahasiswa Jalur SNBP

Jalur SNBP merupakan seleksi yang dilakukan siswa-siswi SMA, MA, atau SMK, dari hasil prestasi dan nilai rapor untuk memperoleh pendidikan tinggi yang ditujukan bagi lulusan terbaik dari sekolah masing-masing.

Pada tahun ini, Unsri menerima calon maba melalui tiga seleksi yakni SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. Penerimaan jalur SNBT akan dilakukan ujian bersama dengan tes tertulis secara nasional.

"Pendaftaran jalur SNBT akan dibuka mulai 30 April 2024, dan seleksi SNBP bagi peserta yang lolos tidak bisa lagi ikut seleksi lain karena sudah ada aturannya. Jadi tidak ada bangku kosong dari jalur SNBP," kata dia.

Baca Juga: Rektor Unsri Tegaskan Tak Ada Deklarasi Kebangsaan: Jaga Keharmonisan

2. Peserta lulus SNBP tidak boleh mengikuti seleksi jalur lain

Unsri Mulai Validasi 1.748 Calon Mahasiswa Jalur SNBP

Kebijakan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) soal tidak diperbolehkan peserta seleksi SNBP perguruan tinggi untuk mengikuti ujian lainnya, sudah diterapkan setelah banyak peserta yang tidak mengambil kuota kelulusan tersebut.

"Mereka yang lulus harus ambil. Kebijakan ini ditetapkan (tidak diperbolehkan ikut tes lain bagi SNBP) karena banyak yang lulus kemudian malah ikut lagi (tes lainnya), sedangkan jalur prestasi ditinggalkan sehingga ada bangku kosong," jelasnya.

3. Daya tampung Unsri masih sama seperti tahun sebelumnya

Unsri Mulai Validasi 1.748 Calon Mahasiswa Jalur SNBP

Sementara untuk penerimaan jalur mandiri akan berlangsung setelah tahapan seleksi SNBP dan SNBT diumumkan. Unsri bakal membuka pendaftaran mandiri online lewat Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya (USM Unsri).

"Daya tampung Unsri tahun ini masih sama seperti sebelumnya, sekitar 8.500 kuota keseluruhan dari 20 persen penerimaan hasil seleksi SNBP jalur prestasi," timpalnya.

Baca Juga: Wisuda Unik Poltekpar Palembang, 250 Mahasiswa Diwisuda di Stadion GSJ

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya