UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom ke Perempat Final Debat Mahasiswa

Tim debat mahasiswa bahas isu lingkungan-pemanasan global

Intinya Sih...

  • Babak penyisihan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times bertema "Global Warming is Changing Gen Z's Lifestyle, Are You Pro or Con?" berlangsung sengit antara Universitas Diponegoro dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  • Liga Debat Mahasiswa 2024 merupakan rangkaian perayaan HUT ke-10 IDN Times dengan total ada 12 tim dari 12 kampus ternama di Indonesia yang bertanding dalam babak penyisihan.
  • Peserta membahas data KLHK bahwa dari 105 sungai, 101 sungai sudah alami kerusakan. Tim pro menekankan pentingnya partisipasi Gen Z untuk mengubah kebijakan pemerintah dan insentif perusahaan agar lebih ramah lingkungan.

Palembang, IDN Times - Babak penyisihan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times bertema "Global Warming is Changing Gen Z's Lifestyle, Are You Pro or Con?" berlangsung sengit. Peserta debat sesi awal dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Vs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saling adu argumen dan mengkritisi soal pemanasan global saat ini.

Hasil adu argumen babak penyisihan sesi pertama dimenangkan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berdasarkan hasil penilaian panitia dan panelis Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times. Selanjutnya juara babak penyisihan akan kembali menjalani adu argumen di babak perempat final melawan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Baca Juga: 12 Perguruan Tinggi Bersaing di Liga Debat Mahasiswa IDN Times

1. Peserta Liga Debat Mahasiswa dibentuk jadi generasi muda berkemampuan kritis

UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom ke Perempat Final Debat MahasiswaIDN Times/Istimewa

Liga Debat Mahasiswa 2024 merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 IDN Times pada 8 Juni 2024. Total ada 12 tim dari 12 kampus ternama di Indonesia yang bertanding dalam babak penyisihan mulai Selasa (21/5/2024).

Babak penyisihan digelar dua sesi untuk masing-masing tim peserta pada pukul 14.00 WIB dan 16.00 WIB. Babak penyisihan berlangsung hingga Senin (27/5/2024) dan babak semi final dilanjutkan pada 28-29 Mei melalui Zoom Meeting.

Setelah mendapatkan juara dari babak perempat final yang dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan), babak final bakal berlangsung luring (luar jaringan) di Kantor IDN Media Jakarta, pada 6 Juni 2024 mendatang.

Seluruh peserta yang mengikuti Liga Debat Mahasiswa 2024 mendorong generasi muda mengasah kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpendapat agar mereka bisa menyuarakan inspirasi sebagai aspirasi sebagai.

Baca Juga: Liga Debat Mahasiswa IDN Times, UIN Jakarta Tumbangkan Undip Semarang

2. Pemenang pertama Liga Debat Mahasiswa IDN Times 2024 mendapat hadiah Rp10 juta dan sertifikat

UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom ke Perempat Final Debat MahasiswaLiga Debat Mahasiswa (Dok. IDN Times)

Pemenang Lomba Debat Mahasiswa 2024 akan mendapatkan Rp10 juta untuk juara pertama dan sertifikat, juara kedua Rp8 juta dan sertifikat. Kemudian juara ketiga Rp6 juta dan sertifikat, lalu juara keempat Rp4 juta dan sertifikat.

Penyelenggaraan Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times didukung penuh Pertamina, diikuti peserta dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia meliputi Institut Pertanian Bogor (IPB), Telkom University, dan kampus lainnya.

Seperti Univesitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), UIN Syarif Hidayatullah, Institut Teknologi Nasional, dan Universitas Padjadjaran turut serta dalam rangkaian Lomba Debat Mahasiswa.

Kemudian ada peserta dari Institut Teknologi Sumatera, Universitas Mataram, Universitas Negeri Medan, dan Institut Teknologi Bandung. Sepanjang penyelenggaran Liga Debat Mahasiswa di babak penyisihan ada dua sesi gelaran dalam satu hari.

3. UIN Syarif Hidayatullah menilai Liga Debat IDN Times mendorong perubahan pola pikir mahasiwa dan Gen Z

UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom ke Perempat Final Debat MahasiswaIDN Times/Istimewa

Dalam Liga Debat Mahasiswa 2024 IDN Times sesi pertama yang dimenangkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, peserta membahas data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dari 105 sungai yang ada 101 sungai sudah alami kerusakan.

Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berperan sebagai pihak kontra kurang sepakat dengan pernyataan tersebut. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengklaim mendapatkan banyak referensi dan temuan bahwa bertumbuhnya masyarakat khususnya Gen Z tidak selalu berdampak para kerusakan lingkungan atau iklim.

Menurut mereka, gaya hidup anak muda sekarang sangat sulit untuk menekan perubahan iklim karena memang tingkat kepeduliannya belum tinggi. Gen Z sekarang lebih senang dengan sesuatu yang instan, salah satunya dalam pola konsumsi yang menghasilkan banyak limbah seperti plastik.

"Makanya kita tidak sepakat bahwa perubahan gaya hidup Gen Z ini bisa mengubah iklim lebih baik, karena memang sulit dilakukan," ujar mereka.

4. Telkom University terima skor 87 poin

UIN Syarif Hidayatullah dan Telkom ke Perempat Final Debat MahasiswaLiga Debat Mahasiswa IDN Times 2024 (Dok. IDN Times)

Kemudian di sesi kedua Lomba Debat Mahasiswa 2024 IDN Times ada tim Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) melawan Telkom University. Hasil akhir, Telkom University berhasil menang atas penilaian panitia dengan skor 87 poin. Sementara tim lawan dari ITS kalah tipis mendapatkan 84 poin.

Telkom berperan sebagai tim pro terkait pemanasan global yang diperlukan partisipasi masif oleh Gen Z untuk memberikan demand yang tinggi terhadap perubahan kebijakan pemerintah, dan insentif perusahaan agar lebih environmentally friendly.

"Bahan argumen dan data kami dapatkan banyak dari riset, pakai sumber luar dan menggunakan contoh berdasarkan pengalaman dan berita yang di-publish," ujar Ketua Tim Telkom University, Jodi Rizki Rahman, Selasa (21/5/2024).

Menurut tin Telkom University, Lomba Debat Mahasiswa 2024 IDN Times memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan bisa jadi wadah anak muda beropini terkait isu lingkungan dan pemanasan global.

"Semoga programnya (Lomba Debat Mahasiswa) bisa berjalan terus dan bisa ditingkatkan kedepannya. Soal skoring ada penjelasan terkait metrik dan penjuriannya, karena kita masih belum jelas terkait teknisnya (skoring)," jelas dia.

Baca Juga: 12 Perguruan Tinggi Siap Bersaing di Liga Debat Mahasiswa IDN Times

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya